Wali Kota ingatkan Pemprov soal janji bantu Puskesmas - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharaps.com 
Salah satu program prioritas Pemerintah Kota Jayapura adalah di bidang kesehatan.

Sayang nya, hingga saat ini penanganan program prioritas dimaksud hanya bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) sementara bantuan lain dari Pemerintah Provinsi Papua tidak pernah ada.

Padahal Pemprov Papua pernah mengumpulkan semua Kepala Puskesmas dengan janji akan memberikan dana Rp1,3 Miliar ke tiap-tiap Puskesmas yang ada di Kota Jayapura, namun belum juga ada realisasinya.

"Bukan itu saja, tiap-tiap Puskesmas di Kota Jayapura juga dijanjikan oleh Pemerintah provinsi untuk memberikan dana sebesar Rp250 juta namun hingga detik ini, janji tersebut belum satu pun terealisasi,“ beber  Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan pada acara peresmian jalan masuk dan launching pelayanan 24 jam Puskesmas percontohan Twano, Entrop Distrik Jayapura Selatan, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, jika Pemprov ingin membantu Pemkot dalam hal ini kepada Puskesmas-Puskesmas di Kota Jayapura maka pihaknya mempersilakan karena dana itu juga akan digunakan untuk pelayanan kesehatan .

"Kita semua tentu berharap masyarakat Papua yang ada di Kota Jayapura adalah masyarakat yang sehat dimana dalam penanganannya dimulai dari bawah yakni Puskesmas yang memang lebih dekat dalam melayani masyarakat,"  lanjut Wali Kota.

Dengan adanya sokongan dana tersebut, maka para petugas di setiap Puskesmas dapat bekerja maksimal melayani rakyat Papua yang membutuhkan pelayanan medis.

Ia juga menghimbau masyarakat Kota Jayapura, jika hanya sakit pilek, batuk atau malaria agar tidak langsung ke RSU, namun datang ke Puskesmas.

"Mereka akan melayani sampai sembuh dan sehat, tapi jangan datang pada malam hari. Karena pada malam, petugas Puskesmas stand by untuk penyakit-penyakit darurat atau emergency," imbuhnya.

Ditambahkan pula, jika masyarakat memiliki Kartu Papua Sehat agar wajib di bawa serta.

"Jangan simpan di rumah," tukasnya.

(Har)


from Berita Papua Wali Kota ingatkan Pemprov soal janji bantu Puskesmas - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==