Musrembang harus usung program berdasar kebutuhan masyarakat - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saaat hadir pada Musrenbang, Distrik Jayapura Selatan, dalam
rangka membahas program kegiatan 2018 yang berlangsung di Hotel Sahid Papua, Jumat (9/3/2018)
Jayapura, Dharapos.com 
Dalam penyusunan program pada tingkat Distrik Jayapura Selatan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan bukan karena titipan.

Dalam hal ini semua  program yang akan disusun harus berdasarkan usulan baik dari masyarakat, RT, RW dan kelurahan untuk kemudian diteliti kembali agar tidak tumpang tindih antara Distrik dan Kelurahan.

"Dan jika program yang sudah di tangani distrik, maka tidak perlu lagi di laksanakan di tingkat Kelurahan, agar dana yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan lain,” ungkap Wali Kota Dr. Benhur Tomi Mano, MM,saat memberikan sammbutan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang ) Distrik Jayapura Selatan, dalam rangka membahas program kegiatan tahun 2018 yang berlangsung di Hotel Sahid Papua, Jumat (9/3/2018).

Wali Kota pada kegiatan tersebut mengakui sejak periode pertama kepemimpinannya, salah satu yang menjadi targetnya adalah berusaha untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Jayapura.

Dalam hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan yang baru dalam kaitannya terhadap penyerapan lapangan kerja bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan.

Melalui kegiatan pelatihan dalam upaya peningkatan skill bagi masyarakat yang ada di kampung-kampung maupun di perkotaan.

Dirinya juga menginginkan orang-orang Port Numbay memiliki skill yang mumpuni, harus pintar dan pandai dalam membuat menu-menu yang sederhana seperti, bakso atau soto ayam.

Wali Kota kemudian mendorong Disperindagkop untuk dapat melakukan itu, seperti warga yang berada di Skouw, Distrik Muara Tami.

"Ibu-ibu di kampung harus juga kita latih sebagai tukang jahit dan terus kita bina agar menjadi mapan. Kemudian kita awasi dan beri bantuan dana stimulan agar dapat bertumbuh dengan baik," imbuhnya.

Wali Kota juga mengharapkan program-program yang akan di bahas bisa disinergikan pada Musrenbang ini dan nantinya akan dibawa ke tingkat kota.

"Saya juga ingatkan bahwa kita harus buat program yang jelas dan bukan program-program global," imbuh Wali Kota.

Peserta Musrenbang Tingkat Distrik  Jayapura Selatan
Kepala Distrik Jayapura Selatan, De Jong H. W. Makanuay, ST, MM menambahkan kegiatan Musrenbang ini merupakan salah satu prosedur yang harus dilaksanakan dimulai dari tingkat kelurahan, distrik dan sampai ke tingkat kota nanti.

Program yang diusung dalam Musrenbang ini meliputi empat bidang seperti sarana dan prasarana, fisik, bidang sosial budaya, ekonomi dan bidang kesehatan umum yang merupakan usulan-usulan dari tingkat Kelurahan.

"4 program akan kita finalkan pada saat Musrenbang bersama organisasi perangkat daerah teknis di lingkup Pemerintah Kota Jayapura,"  cetusnya.

Makanuay juga menambahkan, Wali Kota dalam memberikan arahan menegaskan bahwa penyusunan program bukan karena keinginan pribadi namun kebutuhan masyarakat yang disamakan dengan turunnya visi misi 5 tahun ke depan.

Dari target program yang harus dilaksanakan yaitu pendidikan dan kesehatan yang harus diberikan ruang lebih pada saat pembahasan program ini dan program juga walaupun sedikit namun berbobot dan bisa dinikmati oleh masyarakat di lingkungan Distrik Jayapura Selatan.

Seperti program-program ekonomi produktif di tingkat Kelurahan yaitu melalui dana DP2K kemudian  tingkat distrik yaitu dana sumber daya distrik.

"Nantinya juga kita akan mengakomodir bantuan-bantuan masyarakat bersifat usaha ekonomi makro dan mikro di lingkungan masyarakat yang lebih mengarah kepada orang Papua dan lebih spesifiknya lagi orang Port Numbay," tukasnya.

Peserta Musrenbang merupakan utusan dari Kelurahan RT RW perwakilan dari Prospek, tokoh pemuda, perempuan, agama dan OPD teknis seperti Disperindagkop dan PUPR.

Turut juga di hadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura, Dr. Ir. Rory C. Huwae, MM, Kepala Dinas Sosial Irawadi, dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM setempat, Robert  L. N. Awi, ST, MT.

Hadir pula, Kepala Dinas PUPR dan Kawasan Pemukiman, Novdi J. Rampi, S.Sos, MM,  dan Adrian Jitmau Kepala Dinas Perhubungan, serta Djoni Naa, SE, M.Si yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura.

Pembukaan di tandai dengan penabuhan tifa oleh Wali Kota.

(Har)


from Berita Papua Musrembang harus usung program berdasar kebutuhan masyarakat - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==