Kei Dan Kailolo Sepakat Damai - Berita Harian Teratas


AMBON – BERITA MALUKU.
DPRD Provinsi Maluku menfasilitasi perdamaian antara Pemuda Kei dan Kailolo, sebagai tindaklanjut bentrokan yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan Stain. 


Pertemuan yang menghadirkan kedua kelompok berlangsung di ruang komisi I DPRD Provinsi Maluku, Kamis (17/12/2020), turut di hadiri, Wakapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Hery Budianto.


Usai pertemuan, Ketua Komisi I, Amir Rumra, mengungkapkan ada tiga point kesimpulan yang diambil dari pertemuan tersebut, yaitu satu, penyelesaian secara damai Kei dan Kailolo, tanpa syarat apapun. 


“Untuk perdamaian diagendakan dalam waktu dekat ini, dengan melibatkan kedua komunitas termasuk anak-anak yang terlibat bentrok,” ucapnya.


Untuk lokasi perdamaian, jelasnya akan di koordinasikan dengan Kesbangpol Provinsi dan kota Ambon, serta Polresta Ambon. 


Dua, mendirikan posko permanen yang dijaga Kepolisian. Tiga, kepolisian tetap melakukan langkah-langkah pendekatan keamanan, bukan hanya kailolo-kei, tetapi juga di seluruh pulau Ambon, menjelang peraayaan Natal 25 Desember. 


“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu Polri dan TNI untuk menyediakan kondisi keamanaan yang terjadi di kota Ambon, sehingga basudara kristen merayakan Natal dengan penuh kedamaian, tidak ada kekhawatiran,” pintanya. 


Sementara itu, Wakapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Hery Budianto, mengungkapkan mendukung apa yang menjadi keputusan dari pertemuan di maksud, begitu juga dengan penempatan personil di perbatasan kedua kelompok. 


“Kami tetap terus berupaya melakukan himbaan kepada masyarakat untuk lebih sama-sama menahan diri, jika ada permasalahan jangan terpancing emosi, memangil teman-teman dan suku, tetapi percayakepada kami, dengan melaporkan kepada kami, kami siap membantu masyarakat karena kita ini semua pelayan masyarakat,” pungkasnya.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Kei Dan Kailolo Sepakat Damai - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==