Atase Kepolisian Selandia Baru Datang Ke Timika Cek Penanganan Penyelamatan Pilot Susi Air - Berita Harian Teratas

Pilot Philips Mark Marthens bersama gerombolan KKB pimpinan Egianus Kogoya (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Atase Selandia Baru mengunjungi Timika, Papua Tengah, dan bertemu Kapolda Papua untuk melakukan koordinasi dalam upaya penyelamatan Pilot Susi Air Philips Mark Marhens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, negara melalui kepolisian Selandia Baru mengutus atase kepolisian untuk melakukan koordinasi dengan kepolisian RI, dalam hal ini Polda Papua, terkait salah satu warga Selandia Baru yang disandera KKB.

“Intinya kerjasama antar semua negara itu selalu kita jaga. Salah satunya yang saat ini dibangun ialah police to police yang dimotori Divhubinter Polri, sehingga dari Selandia Baru datang untuk berkoordinasi bagaimana Polda Papua berupaya menyelamatkan salah satu warganya. Sama juga kalau seandainya ada warga kita yang bermasalah di luar negeri, pasti harus ada upaya dari negara kita Indonesia,” ungkap Irjen Pol. Fakhiri di Markas Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua, Rabu (15/2/2023).

Menurut Irjen Pol. Fakhiri bahwa pihaknya telah menyampaikan langkah-langkah yang sementara diupayakan kepada Atase tersebut. Diharapkan apa yang disampaikan dapat dilanjutkan ke Kepala Kepolisian Selandia Baru.

Upaya yang saat ini dilakukan TNI-Polri untuk menyelamatkan Pilot Philips ialah mengedepankan negosiasi, sehingga Pilot Philips bisa kembali dengan selamat. Seperti yang diketahui, dari awal TNI-Polri dalam hal ini Satgas Damai Cartenz telah berupaya semaksimal mungkin.

Meski foto dan video kondisi Pilot Philips sedang bersama KKB, namun belum dapat dipastikan dimana titik keberadaannya.

“Itu yang tadi kita sampaikan ke perwakilan kepolisian Selandia Baru. Makanya saat ini kami mohon bantuan kerjasama dari semua pihak,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy



from SALAM PAPUA Atase Kepolisian Selandia Baru Datang Ke Timika Cek Penanganan Penyelamatan Pilot Susi Air - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==