Kades Basada Aru Upaya Wujudkan Tata Kelola Pemdes yang Lebih Baik - Berita Harian Teratas

DOBO - BERITA MALUKU. Kepala Desa (Kades) Basada, Kecamatan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Muhammad Lakwaisabi mengatakan, sejak dirinya dilantik, dia akan berupaya mengelola tata Pemerintahan Desa (Pemdes) yang dipimpinnya dengan lebih baik. Pasalnya, persoalan pengelolaan administasi di desanya terlihat semrawut. Ini perlu dilakukan pembenahan sehingga kedepan desa yang dipimpinnya perlahan akan tampil lebih baik seperti desa-desa lainnya di tanah air. 


“Demi terwujudnya Pemerintah Desa Basada yang baik maka perlu dilakukan pembenahan administrasi desa pula dengan baik. Karena, menyangkut persoalan administrasi desa sangat penting untuk dikelola. Untuk itu, hal ini perlu ditata kembali,” ujar Lakwaisabi kepada media ini di Dobo, Jumat (10/3/23). 


Lakwaisabi mengatakan, untuk menciptakan pembangunan desa mandiri maka perlu adanya pembinaan yang nantinya menghadirkan pendamping desa serta kalangan akademisi guna menjadikan desa yang dipimpinya terarah dari segi administrasi dan mandiri dari terutama dari segi ekonominya. 


"Kegiatan pembinaan yang dimaksudkan ini bertujuan untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa dan penyelenggaraan administrasi pemerintah desa agar lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.


Dikatakan, tatakelola pemerintah desa melalui pembenahan administrasi, maka terkait sub fasilitas penyusunan perencanaan pembangunan desa sesuai Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) harus berdasarkan undang-undang tentang desa. 

Laiwaisabi berharap kepada aparat pemerintah desa dibawah kepemimpinannya harus mampu bekerja sesuai tupoksi masing-masing agar nantinya dapat melaksanakan administrasi pembangunan desa dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan tentunya hal ini juga menjadi harapan masyarakat desa. (iman)



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Kades Basada Aru Upaya Wujudkan Tata Kelola Pemdes yang Lebih Baik - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==