Mutu Pendidikan Di Maluku Masih Rendah - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
2 Mei merupakan hari bersejarah bagi seluruh insan pendidikan di Indonesia, termasuk Maluku. 


Di moment Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, masih banyak persoalan pendidikan yang belum juga dapat dituntaskan, termasuk di Maluku. 


Pendidikan di Bumi Raja-raja ini masih tergolong sangat rendah, terbukti dari 38 Provinsi, Maluku menempati urutan 4 terbawah di Indonesia. 


"Untuk pendidikan kita di Maluku terutama pendidikan menengah atas, termasuk SMP, SD juga ini masih menjadi keprihatinan bersama. Karena mutu, dan kualitas kita masih sangat di bawah dibandingkan dengan rata-rata 34 provinsi yang ada di Indonesia, Dan ini memang menjadi tantangan kita tersendiri," ungkap Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary kepada wartawan di rumah rakyat, karang panjang, Ambon, Selasa (02/05/2023). 


Dikatakan, ada dua hal penyebab mutu, dan kualitas pendidikan di Maluku masih sangat rendah, satu persoalan infrastruktur. 


Terbukti ruang kelas, laboratorium, dan sebagainya di setiap jenjang pendidikan masih sangat kurang. 


"Kalau dilihat belum terpenuhi secara keseluruhan sesuai indikator yang ditetapkan. Nah ini persoalan dengan anggapan," ucapnya. 


Selain itu, masih kurangnya tenaga Guru, terkhususnya di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). 


"Untuk SMA/SMK masih kekurangan guru yang cukup besar. Kemarin di LKPJ kita membahas hasil hitungan yang dia bisa mendekati ke peningkatan mutu, dan kualitas itu kecuali kita ada penambahan kurang lebih 1.310 Guru, dan ini problem kita," cetusnya.


"Karena kemarin tes P3K, jatah hampir 3000 tetapi yang lolos itu hanya 500 lebih. Jadi ini yang menjadi problem sepanjang 2 hal itu belum terpenuhi tetap mutu dan kualitas pendidikan kita pasti akan di bawa terus," imbuhnya.


Namun di satu sisi, kata Atapary mutu dan kualitas pendidikan dikatakan rendah, juga disebabkan hak-hak Guru juga belum dibayarkan dengan baik. 


"Guru ini, kita selalu mempertanyakan di dinas, dan ini selalu kaitan dengan data yang masih belum tepat, karena memang belum diverifikasi dan sebagainya. Nah ini kembali lagi kaitan dengan apa kinerja kita yang masih lemah, kaitan dengan penataan Manajemen Pendidikan, termasuk hak hak guru harus segera di realisasi," pungkasnya.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Mutu Pendidikan Di Maluku Masih Rendah - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==