Gubernur Terima Gelar Adat Rumpun Fanan - Berita Harian Teratas

 

AMBON - BERITA MALUKU. Gubernur Maluku Murad Ismail mendapat gelar kehormatan Adat oleh Tetua Adat Tertius Kwarbola. 


Gelar ada diberikan "Imona Bulemui Amu Ngaran Bari, Amfo Singai Si Bele Ya’A Ama Kwa-Kwa Fanan Yabil" Atau Putra Terbaik yang Dihormati Pembawa Berkat dan Nama Baik Rumpun Fanan. 


Pemberian gelar Adat kepada Gubernur, termasuk istri Widya Pratiwi Murad ditandai dengan pemberian topi rotan dengan selendang rumpun fanan, yang diiringi dengan tarian Sawat.oleh ketua rumpun Fanan, Desa Kwarbola, Senin (26/06/2023). 


Tak hanya Gubernur, istri Widya Pratiwi Murad juga menerima gelar adat "Odamona Simadderan Amu Ngaran Lo’ir Yu’u Afo Amu Tamatu Kwa-Kwa Fanan Yabil Inda Atu Dal Taur di Fai’A" Atau Anak Perempuan Kesayangan, Namamu Sangat Indah Yang Selalu Ada Dalam Ingatan Saudara-Saudarimu Rumpun Fanan. 


Sekedar tahu, Gelar Kehormatan Adat diberikan kepada seorang lelaku yang dituakan dan dihormati, karena membawa berkat dan kehormatan bagi Persekutuan masyarakat adat Rumpun Fanan atau Kwa-Kwa Fanan Yabil.


Gelar ini disematkan kepada GUbernur Maluku, didasarkan pada sikap dan rasa tanggung jawab yang ditunjukan untuk Rumpun Fanan Yabil dalam menjaga kehormatan lewat hukum Fanan, yang akan menjadi berkat bagi anak cucu turunan Fanan yabil.


Menurut masyarakat adat setempat Murad Ismail telah memberi teladan dan kehormatan, sehingga layak menyandang gelar kehormatan sebagai Imona Bulemui atau anak tertua/putra terbaik yang dihormati, dari masyarakat rumpun adat Fanan karena telah mengangkat muka atau kehormatan Fanan Yabil dan membawa berkat bagi semua.


Begitu juga gelar adat untuk Widya Pratiwi Murad, diberikan bagi seorang anak perempuan sulung, yang oleh kebaikan dan ketulusan hatinya, terpancar Cahaya yang memberikan harapan bagi siapa saja, budi kebaikannya memberi Namanya ada di tempat setiap hati Kwa-Kwa Fanan Yabil.


Pemberian gelar kehormatan kepada Widya, adalah sebuah cermin akan ketulusan harinya sebagai seorang ibu dan perempuan, untuk menebar kebaikan, menjaga kehormatan dan tetap menjadi peneduh bagi saudara-saudarinya di rumpun Fanan.


Disampaikan kebaikan hati Widya Pratiwi Murad, telah memberi tempat dihati kwa-kwa Fanan Yabil, budi baik yang diberi layak disematkan gelar kehormatan sebagai anak perempuan sulung, yang selalu diingat karena kebaikan dan kehormatan yang dijaganya.


Dengan disematkannya gelar adat ini Gubernur dan Istri telah menjadi bagian dari Rumpun adat Fanan atau Kwa-Kwa Fanan Yabil. Sebagai kedua anak dan saudara yang tertua, menjadi sombar peneduh, membawa berkat dan kehormatan, serta kebaikan.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Gubernur Terima Gelar Adat Rumpun Fanan - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==