Upacara HUT Proklamasi HUT 78 RI Di Maluku Berlangsung Khidmat - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Merdeka, Ambon, Rabu, (17/08/2023), berlangsung dengan khidmat dan lancar. 


Gubernur Murad Ismail selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut, tampak hadir bersama ibu Widya Pratiwi Murad, dan didampingi oleh Wakil Gubernur Barnabas Orno beserta Ibu Betrix Orno. 


Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 


Tema ini merefleksikan harapan Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan, dan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia yang maju.


Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini, yaitu Letnan Kolonel Infantri Rudolof G Paulus, menjabat Komandan Kodim 1513 Seram Bagian Barat (SBB). 


Laporan komandan upacara, dilanjutkan dengan bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 


Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun, membacakan naskah proklamasi, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.


Selepas itu, Gubernur selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Kepala Kanwil Agama Perwakilan Maluku, H Yamin kemudian memandu pembacaan doa.. 


Jian Matahelamual, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) siswa SMA 2 Kota Ambon selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. 


Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Juan Petrus Dio Unmehopa dari SMA Negeri 5 Ambon, Julkriden Samalle dari SMA Negeri 4 Maluku Tengah, dan Rifan Nur Hidayah dari SMA Negeri 3 Buru.


Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman lapangan Merdeka. 


Peringatan HUT RI ke-78 ditutup dengan penampilan siswa siswi SMA/SMK se-kota Ambon dalam membawakan lagu-lagu perjuangan.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Upacara HUT Proklamasi HUT 78 RI Di Maluku Berlangsung Khidmat - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==