9 Rumah Di Kawasan Benteng Ambon Terbakar, Kerugian Capai Miliar - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Sebanyak 9 rumah warga di lingkungan RT03/RW06, Gudang Arang, Kelurahan Benteng, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon sekitar pukul 05.00 WIT, Minggu (29/10/2023) hangus terbakar. 


Kesembilan rumah masing-masing milik keluarga keluarga Rawangan Kailola, Alan Pattiasina, Roby Soplanit, Dema Latuperisa, Semy Solisa, Waeny, Netty Manuputty, Ongen Latuperissa, dan Leon souhoka.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pukul 04.57 WIT, minggu 29 Oktober. Hanya saja kerugian yang dialami akibat peristiwa ini mencapai Rp1.350.000.000,00.


Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat arus pendek dari dalam kios jualan Keluarga Burhan Rawangan Kailola. 


Berdasarkan keterangan Rawangan Kailola (42), ia bersama istri dan anak anak dalam suasana tidur, dan mencium bauh Asap hangus, sehingga terbangun dari tidur.


Pada saat membuka pintu kamar terlihat nyalah api dibagian dalam tempat jualan (kios), sehingga dengan spontan berteriak "kebakaraaaannn". Hal ini membuat anak istri serta warga sekitar terbangun, dan berdatangan membantu memadamkan api secara manual, namun tidak berhasil karena api telah meluas/membesar membakar rumah tetangganya.


Dirinya juga menjelaskan bahwa, api membesar, meluas dengan cepat karena ia menjual minyak tanah yang tersimpan didalam kiosnya, serta mengakui bahwa awal mulanya kebakaran berasal dari dalam kios jualan miliknya, namun tidak mengetahui penyebab awal kebakaran, karena tidak menyalakan lilin serta jenis api lainnya sebelum tidur, namun sempat mengatakan dugaannya dari arus pendek listrik dalam kios jualan.


Saksi lainnya Naldo Timisela (39) mendengar teriakan kebakaran saat tidur, dan terbangun keluar melihat nyalah api yang telah membesar membakar kios jualan milik BPK Rawangan Kailola, sehingga bersama membantu memadamkan api secara manual, namun api semakin membesar, membakar rumah warga sekitar.


Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIT, setelah 3 tiga unit mobil PDAM Kota Ambon dikerahkan ke lokasi.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku 9 Rumah Di Kawasan Benteng Ambon Terbakar, Kerugian Capai Miliar - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==