BPJN Maluku Jamin Mutu Pembangunan Jembatan Wae Kawanua Terjamin - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku menjamin kualitas mutu pembangunan Jembatan Wae Kawanua,  penghubung Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). 


Hal tersebut disampaikan PPK Perencanaan BPJN Maluku, Stenly Tumbelaka, dalam rapat bersama Komisi III DPRD Maluku, Rabu (02/11/2023). 


Sekedar tahu, ambruknya jembatan yang memiliki panjang  520 meter itu sudah terjadi berulang kali, terakhir pada tanggal 11 Juli 2023 akibat diterjang banjir bandang. 


Untuk itu, guna menjamin jembatan yang  dibangun berkualitas, maka desain Jembatan benar-benar diseleksi secara detail, yang dibahas bersama Direktorat Teknis, Kementerian PUPR. 


Dijelaskan, dalam desain Jembatan Kawanua terdapat 17 profile. Bahkan di sekeliling kaki pilar diselimuti jacketing dengan mutu beton FC 30 mpa, atau setara dengan 350 kg/cm.


Begitu pula dengan perhitungan SNI 1725 2016 dan SNI 2833 2016 mengenai pembebanan jembatan, dan beban gempa pada jembatan. Termasuk membangun fender dibagian hulu yang direncanakan berlangsung tahun depan, sesuai paket reserfasi. 


"Jadi tahun ini hanya untuk pelkep dan jecketing dengan satu pilar dengan dua bentang 60 meter, dan 40 meter di rangka bajanya," ucapnya. 


Selain itu dalam hal suplai data perencanaan, setiap pilar jembatan dilakukan tes UPP, sehingga dapat diketahui secara pasti apakah tulangan mampu atau tidak. 


Begitu juga dalam pelaksanaan pier dilakukan boring test. Hal ini dimaksudkan agar pada pemasangan, pier tidak terlepas. 


"Awalnya di desain nya pakai pancang, tapi setelah mendapat data tanah, kemudian direkomendasi muncul bore pile, jadi kekuatannya lebih kuat dari pada tiang pancang. Misalkan gunakan tiang pancang, kami takut pada saat pemancangan dia berpengaruh, sehingga solusinya menggunakan bore pile di titik pier," tuturnya.


Kemudian dari sisi mutu, kata Stenly dilakukan sesuai prosedur operasional standar (SOP),  melalui pengecekan laboratorium berkaitan dengan material. 


"Kami betul betul protek dan keras, dan ini setiap hari dilaporkan ke subdit jembatan. Jadi setiap hari dipantau. Kami yakin mutu kami terjamin, kami ketat akan hal ini," pungkasnya.


Sebelumnya dalam rapat bersama Selasa 1 November 2023, DPRD menyoroti kualitas pembangunan Jembatan Kawanua, mengingat waktu pengerjaan tersisa 2 bulan pada tanggal 31 Desember. 


"Masa Kontrak pekerjaan sampai 31 Desember, tinggal dua bulan mudah mudahan tidak ada halangan semuanya selesai. Saya ingatkan Jangan tambal sulam, intinya kualitasnya,"tegas Anggota Komisi III DPRD Maluku, Irawadi. 


Dikatakan, dari hasil tinjauan langsung ke lapangan, pekerjaan Jembatan telah sampai pada tahap pemasangan tiang pancang. 


Hanya saja, dari beberapa titik yang ditentukan, dari hasil laporan yang diterimanya, yang dibangun baru tiga.


"Waktu kurang lebih dua bulan efektifnya harus bisa dimaksimalkan. Kemarin saya mewakili Komisi III melakukan on the spot langsung ke lokasi, ternyata memang telah dimulai pekerjaan. Sesuai laporan sampai dengan saat ini baru 3 tiang pancang yang baru terbangun, tentunya masih ada beberapa titik yang harus diselesaikan,"tuturnya.


Politisi Nasdem juga berharap BPJN dapat memberikan perhatian serius, sehingga proses pekerjaan Jembatan dapat selesai sebelum cuaca buruk yang diprediksikan akan terjadi Desember mendatang. 



"Ini yang jadi persoalan adalah cuaca ekstrem yang terjadi di bulan Desember. Dan dikhawatirkan pekerjaan belum selesai, sehingga terjadi banjir kembali. Mudah-mudahan pihak balai dan pihak ketiga mengatasi hal tersebut,"pintanya.


Wakil rakyat dari Bumi Pamahanunusa itu juga mengingatkan BPJN agar dalam proses pembanguan tidak mengabaikan kualitas. Mengingat pembangunan Jembatan ini bukan baru sekali, tetapi sudah berulang kali, akibat dari struktur Jembatan yang mudah ambruk diterjang banjir. 


"Saya ingatkan dengan waktu yang singkat tidak mengabaikan kualitas pekerjaan, karena kita tahu sudah tiga kali dilakukan pembangunan, namun setiap banjir bobol terus sampai ketiga kali. Mudah-mudahan ini yang terakhir, dan setelah selesai pekerjaan ini tidak akan terjadi lagi kerusakan," tandasnya.





from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku BPJN Maluku Jamin Mutu Pembangunan Jembatan Wae Kawanua Terjamin - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==