Tualeka: Besok Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah Diserahkan Ke KPU - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Dipastikan Rabu 4 September (besok-red) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Johannes Leimena sudah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ke masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Sekedar tahu, terdapat 22 Bapaslon dari enam kabupaten/kota yang menjalani tes pemeriksaan kesehatan, atau Medical Check Up (MCU) di RSUP Leimena mulai dari tanggal 27 Agustus-1 September, masing-masing Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku, dan Kabupaten Kepulauan Aru. 


"Penyerahan hasilnya ke masing-masing KPU 4 September," ujar Ketua Pemeriksaan, dr. M. Saleh Tualeka dikonfirmasi via-Whatshap, Selasa (03/09/2024)


Dikatakan, penyerahan hasil ke masing-masing KPU setelah tim pemeriksa melakukan rapat pleno yang dilakukan satu hari setelah tes kesehatan. 


Untuk hasilnya, menurut Tualeka sesuai standar operasional prosedur (SOP) hal tersebut bersifat tertutup disampaikan ke masing-masing KPU. 


"SOP-nya seperti itu. Akan kami sampaikan hasilnya secara tertutup ke KPU Kabupaten/kota 4 September," ucapnya.


Sekedar tahu untuk tes kesehatan, RSUP Leimena mengerahkan 27 dokter, masing-masing dokter spesialis 23 orang, dokter umum 3 orang, dan dokter gigi 1 orang. Ditambah 33 orang tim pendukung, fasilitas dan tim medis yang kompeten untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.


Seluruh Bapaslon menjalani tes mulai dari urine, laboratorium, radiologi, saraf, THT, mata, jantung, patologi, gigi. Kemudian asesmen narkoba, pemeriksaan darah, pemeriksaan jiwa dan psikologi klinis.


Tualeka memastikan, tim medis yang ditugaskan untuk tes kesehatan Bapaslon memiliki Independensi dan profesionalisme, serta tidak ada kepentingan untuk meloloskan, atau menjegal Bapaslon tertentu.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Tualeka: Besok Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah Diserahkan Ke KPU - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==