Jadi pusat unggulan nasional, Wali Kota apresiasi sejumlah pihak - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com 
Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ) Kota Jayapura resmi dijadikan sebagai pusat unggulan nasional pengadaan barang jasa (PBJ) di Tanah Papua.

Hal tersebut ditandai dengan peluncuran secara resmi oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Agus Prabowo bertempat di gedung Sian Soor, kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (23/2/2018).

Momen ini di hadiri pula sejumlah Bupati di Provinsi Papua dan Bupati Raja Ampat asal Provinsi Papua Barat, para Sekretaris daerah dan Asisten Bidang pembangunan.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala LKPP RI dan jajarannya yang telah membimbing Pemerintah Kota Jayapura hingga akhirnya menjadi Center of Excellence atau pusat unggulan dalam PBJ.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada lembaga donor asing yakni Jean Marie Meyer selaku Direktur Senior MCC yang berkenan datang langsung dari AS untuk hadir di Tanah Papua.

"Juga kepada MCA - Indonesia yang telah bekerja sama dengan LKPP RI dalam mengembangkan modul pembelajaran serta materi-materi yang telah diikuti oleh para staf kami baik itu di luar maupun di dalam Kota Jayapura," ucapnya.

Termasuk para mentor yang telah setia untuk datang ke Kota Jayapura guna membimbing dan membina staf di BPBJ.

Tak lupa, orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati Merauke, Jayapura, Raja Ampat  dan Bupati Keerom yang memiliki semangat perubahan.

"Pencapaian kami di hari ini merupakan hasil dari MoU yang telah ditandatangani oleh saya selaku Wali Kota Jayapura dengan Kepala LKPP RI dalam rangka menjalin kerja sama pengembangan program modernisasi pengadaan di Kota Jayapura selama 2 tahun terhitung sejak April 2016 dan akan berakhir April 2018," urainya.

Dari hasil pendampingan selama ini, BPBJ Kota Jayapura telah menghasilkan 3 produk utama yaitu standar operasional prosedur (SOP) pengadaan barang dan jasa secara terintegrasi, kode etik pengadaan barang dan jasa serta perjanjian kerja sama dengan aparat penegak hukum.

Wali Kota mengakui  manfaat dari program modernisasi  pengadaan ini sangat luar biasa pihaknya telah merasakan dan menikmati hasil dari program tersebut.

"Saat ini kami telah mempunyai alat pengukuran dan penilaian kinerja terhadap apa yang disebut dengan performance measurement di kota ini," akuinya.

Alat ini jelas Wali Kota, digunakan untuk mengukur kinerja proses pengadaan di antaranya adalah bagaimana mengukur ketepatan waktu proses pengadaan di lingkungan Pemkot Jayapura serta melakukan evaluasi proses pengadaan pada masing-masing OPD.

(Har)


from Berita Papua Jadi pusat unggulan nasional, Wali Kota apresiasi sejumlah pihak - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==