LKPP RI berencana delegasikan e-Katalog kepada BPBJ Kota Jayapura - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyerahkan cendera mata kepada Kepala LKPP RI
Jayapura, Dharapos.com 
Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Jayapura bakal dititipkan pekerjaan rumah oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Kepala LKPP RI, Agus Prabowo berencana mendelegasikan e-Katalog (katalog elektronik) kepada Wali kota Jayapura dalam rangka mengurangi tender.

"Terkait  e-Katalog ini, LKPP RI berniat untuk mengurangi tender bahkan jika perlu menghapusnya karena dinilai sangat rumit, memakan waktu, tenaga dan urat saraf bahkan terkadang penuh liku dan masih bisa diatur," akuinya saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran BPBJ Kota Jayapura sebagai pusat unggulan nasional pengadaan barang jasa di Tanah Papua, Jumat (23/2/2018).

Selain itu, dinilai ada keanehan karena barangnya  ada di pasar namun masih ditenderkan juga, seperti kendaraan.

"Untuk itu, ke depannya proses tender akan dikurangi sampai kepada paket-paket yang memang terpaksa harus ditenderkan. Dan jika tender dikurangi maka pembelian langsung akan dinaikkan," cetusnya.

Karena menurut Prabowo, paket-paket yang ada di pasar tidak perlu ditenderkan lagi dan hanya tinggal dipindahkan ke dalam sistem e-Katalog.

Dan nantinya untuk cara pembelian adalah dengan e-Purchasing atau belanja secara elektronik.

Ditegaskan pula, kewenangan untuk membangun e-Katalog tersebut masih dimiliki oleh LKPP RI.

"Namun LKPP tidak mungkin menangani hal tersebut sendiri sehingga kami ingin delegasikan e-Katalog daerah (lokal) yang diselenggarakan oleh lokal untuk mempromosikan barang-barang yang sifatnya lokal seperti aspal," sambungnya.

Ternasuk juga produk khas lokal daerah yang dipasarkan secara nasional, sehingga memungkinkan bahwa produk orang Jayapura juga bisa dibeli masyarakat di Bali.

"Dan sebagai pelaksana e-Katalog adalah unit yang sudah memiliki kemampuan dan dalam pandangan kami  di LKPP RI,  BPBJ Kota Jayapura sudah waktunya mencoba katalog elektronik tersebut," tukasnya.

(Har)


from Berita Papua LKPP RI berencana delegasikan e-Katalog kepada BPBJ Kota Jayapura - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==