Jalan penghubung Kodam lama dan baru telah diresmikan - Berita Harian Teratas

Akses jalan yang menghubungkan Kodam lama dan baru kini resmi digunakan 
Jayapura, Dharapos.com  
Jalan yang menghubungkan Kodam lama dan baru, telah rampung pengarjaan dan diresmikan Rabu (21/2/2018).

Jalan tersebut masuk dalam program infrastruktur yang dibiayai oleh Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat.

Kepala Dinas PUPR dan Kawasan Pemukiman  setempat, Nofdi J. Rampi, S,Sos, MM dalam laporannya mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas Jalan Kodam lama dan Kodam baru dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan DAU Pemkot Jayapura TA 2017.

Di mana alokasi DAK untuk pekerjaan fisik konstruksi dan pengawasan dengan rincian fisik sebesar Rp9,55 miliar dengan PT Citra Teknik Mandiri sebagai kontraktor pelaksana.

Kemudian, dana pengawasan sebesar Rp240.351.000,- sedangkan alokasi DAU untuk konsultan perencanaan sebesar Rp200 juta.

Jalan tersebut berukuran panjang 3580 meter yang dilengkapi dengan bangunan penunjang yaitu saluran drainase pasangan batu mortar sepanjang 294 meter.

Ruas jalan Kodam lama dan baru merupakan jaringan jalan yang terhubung dengan pusat kota Jayapura.

Namun kondisi kedua ruas jalan ini tidak nyaman bagi pengguna jalan karena hanya memiliki lebar rata-rata 4 meter sehingga sangat sempit dan berbahaya  saat kondisi hujan apabila kendaraan saling berpapasan saat melewati dan memasuki kawasan Kodam XVII Cendrawasih.

"Kemudian atas izin lisan dari Panglima terdahulu dan untuk kepentingan masyarakat Kota Jayapura maka dilaksanakan kegiatan pelebaran ruas jalan ini," tandasnya.

Wali Kota dalam sambutannya yang diwakili Plh. Sekda Kota Jayapura, Drs. M. Nur Jainuddin Konu, MKP mengakui pertumbuhan penduduk di wilayah ini begitu pesat.

Mewakili Wali Kota, Plh. Sekda Kota, Drs. M. Nur Jainuddin Konu, MKP melakukan paraf koordinasi 
Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 mencapai  8,2 persen sehingga berbagai fasilitas termasuk kepemilikan kendaraan roda empat dan roda dua juga ikut bertambah pesat di Kota Jayapura.

"Tentu harus dibarengi dengan infrastruktur jalan di kota ini," sambungnya.

Pemkot  bersama DPRD terus berupaya menambah infrastruktur jalan yang salah satunya adalah jalan alternatif ini.

Selain itu, penyebab kemacetan di Kota Jayapura pada aktivitas pagi hari terutama di kawasan SMA Negeri 4 yang sudah tidak bisa dibendung lagi.

"Dengan peresmian  yang dilakukan, maka jalan ini menjadi salah satu akses bagi masyarakat dan perjalanan dari kota ke Abepura pun tidak terganggu lagi," tandasnya.

Bahkan Wali Kota meminta Kepala Dinas PUPR untuk segera memasang rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan karena hal itu dinilai sangat penting mengingat seringnya terjadi kecelakaan.

"Dan dengan terpasangnya rambu-rambu dan marka jalan maka tentu akan mengurangi angka lakalantas di sekitar jalan Ini," tukasnya.

Letkol CZI. Ryke Anaxi Pabandya selaku Jaslog Kodam yang mewakili Pangdam XVII/Cendrawasih menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot dalam hal ini Wali Kota Jayapura yang telah mengapresiasi dan mewujudkan pembangunan serta peningkatan jalan di kawasan Kodam lama.

"Akses ini merupakan jalan alternatif yang setiap hari digunakan oleh prajurit Kodam untuk melaksanakan dinas dan juga digunakan oleh masyarakat Kota Jayapura untuk melakukan aktivitas sehari-hari," urainya.

Dan saat ini, hasil dari upaya maksimal Pemkot telah dapat dinikmati bersama.

"Olehnya itu, kami juga meminta kepada Pemerintah Kota Jayapura untuk dianggarkan terkait peningkatan jalan agar lebih sempurna dan bisa digunakan oleh masyarakat dengan aman dan tertib," tukasnya.

(Har)


from Berita Papua Jalan penghubung Kodam lama dan baru telah diresmikan - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==