Pemerintah dan DPRD Buteng kunker ke Pemkot Jayapura - Berita Harian Teratas

Foto bersama usai pertemuan dan penyerahan cendera mata
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura yang diwakili yang di wakili Plh. Sekda setempat Drs. M. Nur Jainuddin Konu, MKP menerima kunjungan kerja rombongan Pemerintah dan DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sabtu (24/2/2018).

Rombongan sedikitnya 36 orang ini di pimpin Drs. L. M. Mursal Zubair, M.Si yang juga Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buteng.

Plh Sekda usai pertemuan mengungkapkan kedatangan rombongan kunker Pemerintah dan DPRD Buteng  guna melihat prestasi pembangunan yang telah capai di Kota Jayapura.

"Mewakili Wali Kota, saya menyampaikan potret pembangunan Kota Jayapura mulai dari sektor pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur. Namun yang terutama adalah bagaimana membina kerukunan antar umat beragama yang mana mereka memberikan apresiasi untuk itu," ungkapnya.

Bahkan pembinaan kerukunan beragama yang diterapkan di Kota Jayapura nantinya akan mereka bawa dan diterapkan di Kabupaten Buteng.

Selain itu juga, turut pula disampaikan prestasi Pemkot Jayapura dalam penggunaan keuangan sehingga mampu meraih WTP dan hal ini juga menjadi perhatian yang nantinya akan diterapkan di Kabupaten Buteng.

Termasuk pula tradisi prularisme di Kota Jayapura yang sangat dijunjung tinggi yang dibuktikan dengan keberadaan berbagai ragam suku, etnis, budaya bahkan agama ada di negeri.

"Keberhasilan Pemerintah Kota Jayapura  dalam penataan penduduk juga disampaikan dimana semua warga diwajibkan memiliki e-KTP sehingga mau tidak mau, masyarakat Buton yang ada di Kota Jayapura harus melengkapi diri dengan dokumen kependudukan," tukas Konu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Buteng, Adam, S.Ag mengapresiasi visi misi Pemkot Jayapura di bawah kepemimpinan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam mengembangkan wilayah tersebut sebagai kota jasa.

"Visi misi ini ada kemiripan dengan Kabupaten Buton Tengah sehingga tentu akan menjadi acuan dalam pengembangan dan peningkatan pendapatan asli daerah kami," sambungnya.

Adam juga meminta kepada masyarakat Buteng yang ada di perantauan khususnya di Kota Jayapura agar mendukung kebijakan dan program Pemerintah setempat.

Asisten Administrasi Setda Buteng, Drs. L. M. Mursal Zubair, M.Si menambahkan kunjungan pihaknya bersama Dewan setempat adalah untuk melakukan kajian antar daerah dan menyaksikan langsung keberhasilan yang dicapai Pemkot Jayapura.

"Ini salah satu perintah Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Tengah untuk melihat apa yang menjadi keberhasilan kota Jayapura. Dan tentu untuk mempelajari apa yang telah dicapai terutama dari peningkatan pendapatan asli daerah," tambahnya.

Ada dua sektor yang mendongkrak PAD Kota Jayapura yaitu sektor jasa dan perdagangan.

"Setelah kami kembali ke Pemkab Buteng maka kamI akan mendorong untuk melakukan apa yang menjadi keberhasilan Kota Jayapura," tandasnya seraya mengakui perkembangan Kota Jayapura yang lebih unggul daripada Kabupaten Buteng, Sulawesi Tenggara.

Mursal juga salut dengan Pemkot Jayapura terkait kehidupan masyarakat yang sangat rukun antar umat beragama di samping kerukunan dari berbagai etnis.

"Kota Jayapura merupakan daerah yang nyaman, damai dan sangat bersahabat sehingga kami juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Buton Tengah untuk turut serta mendukung program Pemerintah Kota Jayapura," tukasnya.

Akhir pertemuan, Plh. Sekda menyerahkan cendera mata berupa plakat dan tas noken kepada Ketua dan salah satu anggota DPRD Buteng serta Asisten Administrasi Umum.

(Har)


from Berita Papua Pemerintah dan DPRD Buteng kunker ke Pemkot Jayapura - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==