Pemkab Mambra bentuk Satgas KLB Gizi Buruk - Berita Harian Teratas

Pemkab Mambra membentuk Tim Satgas Pencegahan guna mengantisipasi KLB gizi buruk
Bormeso, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya (Mambra) membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan guna mengantisipasi kasus luar biasa (KLB) gizi buruk.


Selain itu, pembentukan Satgas ini juga bertujuan untuk mengantisipasi penyakit lainnya di wilayah tersebut.

Pembentukan Satgas Pencegahan KLB Tahun 2018 sesuai Keputusan Bupati Nomor 06 Tahun 2018 yang ditetapkan di Mambra tanggal 17 Februari 2018.

Dengan rincian tugas sebagaimana diatur dalam SK tersebut yaitu mempersiapkan administrasi untuk kelancaran pelaksanaan tim Satgas Pencegahan KLB, melaksanakan tugas dan fungsi sesuai bidang tugas masing-masing serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati.

Bupati Dorinus Dasinapa, A.Ks, S,Sos (tengah) bersama pimpinan sejumlah institusi selaku penasehat Satgas
Kemudian, mempersiapkan tim Satgas Pencegahan KLB sesuai bidang masing-masing, serta memberikan tugas pencegahan KLB yang sudah ditetapkan

Bupati, Ketua DPRD dan Kapolres Mambra serta Dandim 1712/Sarmi bertindak selaku penasehat dengan Wakil Bupati setempat selaku penanggung jawab Tim Satgas Pencegahan KLB.

Sementara Sekretaris Daerah ditunjuk menjadi ketua tim dengan beranggotakan para pimpinan O{D lingkup Pemkab Mambra.

Bupati Dorinus Dasinapa, A.Ks, S.Sos yang dikonfirmasi Sabtu (17/2/2018)  mengakui pembentukan
Satgas ini sebagai bentuk antisipasi pihaknya atas merebaknya kasus KLB gizi buruk dan berbagai penyakit bawaan lainnya yang  terjadi  di Kabupaten Asmat belum lama ini.

Tim Satgas saat memberikan pelayanan medis kepada masyarakat
"Sebagai kabupaten yang diperhadapkan dengan berbagai kendala seperti transportasi, kami berinisiatif untuk membentuk sebuah tim terpadu guna mengantisipasi potensi kejadian luar biasa gizi buruk maupun penyakit lainnya di seluruh wilayah Mamberamo Raya," urainya.

Satgas ini, lanjut Bupati  akan segera bergerak  untuk melakukan sickrening awal  ke seluruh distrik dan kampung di Kabupaten Mambra.

"Apabila ditemukan potensi penyakit akibat gizi buruk dan pinyakit lainnya satgas tersebut akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD, red) terkait  guna penanganan lebih lanjut," tukasnya.

(Har)


from Berita Papua Pemkab Mambra bentuk Satgas KLB Gizi Buruk - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==