Wali Kota terima kunker BKSAU Beragama Kota Tomohon - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, berpose bersama seusai menerima kunker
Pemerintah dan BKSAUB Kota Tomohon, Kamis (22/2/2018) 
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Kamis (22/2/2018) menerima kunjungan kerja (kunker) Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUB) Kota Tomohon.

Rombongan yang terdiri atas  9 orang ini di ketuai Kepala Bagian Kesra Setda Kota Tomohon Trisye J. Polii, S.Pd disambut di ruang rapat Wali Kota Jayapura.

Diantaranya, Ketua BKSAUB Kota Tomohon Pdt. Pdt. Roy D. Ta,aweol, Th.M, yang juga wakil Ketua Sinode bersama Pdt. Januri Lumingkewas, STh.

Kemudian, Bhikkhu Nyanapradipa Mahatera, Ustad Farid Gasim dan Pastor Frans Mandagi, MSc.

Kabag Kesra Setda Kota Tomohon Trisye J. Polii, S.Pd mengakui kunjungan pihaknya mewakili Pemerintah bersama BKSAUB Kota Tomohon disambut baik Pemerintah kota Jayapura dalam hal ini Wali Kota bersama FKUB setempat.

"Kunjungan kami tentu dalam rangka melihat hal-hal apa yang terbaik mengenai kerukunan antar umat beragama yang ada di kota ini," akuinya.

Langkah ini sebagai upaya mempertahankan keberhasilan Wali Kota Tomohon yang pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama sebagai "Bapak Kerukunan Antar Umat Beragama" berupa Harmoni Award.

"Sehingga kami akan terus mempertahankan Harmony Award ini dengan mengunjungi beberapa kabupaten/kota di Indonesia bersama BKSAUB Kota Tomohon," sambung Trisye.

Salah satunya dengan mengadopsi sistem kerukunan antar umat beragama yang ada di Kota Jayapura untuk diterapkan di Kota Tomohon.

Trisye juga mengakui keberagaman masyarakat di Kota Jayapura dari berbagai suku di Indonesia mampu menjalin kehidupan yang harmonis.

"Begitu pula kami di kota Tomohon berbagai macam suku, agama, ras dan golongan hidup harmonis dan saling peduli satu yang lain," sambungnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot Jayapura dalam hal ini, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM.

"Kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Wali Kota yang sudah menerima kunjungan kami dan memberikan pelayanan yang sangat baik kepada Pemerintah Kota Tomohon dalam kunjungan bersama BKSAUB di Kota Jayapura," ucapnya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragma (FKUB) Kota Jayapura, Pdt. Wilem Itaar, M.Th juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan Pemerintah dan BKSAUB Kota Tomohon di daerah ini.

"Kami mendapat sebuah pelajaran baru atas kunjungan Pemerintah dan BKSAUB Kota Tomohon dimana ini menjadi jalan bagi kita untuk belajar dari pengalaman daerah lain guna membangun kehidupan kerukunan umat beragama serta mempromosikan progres pembangunan yang berlangsung di Kota Jayapura," tandasnya.

Itaar kembali mengingatkan bahwa Kota Jayapura juga terbuka untuk semua suku, agama, ras dan antar golongan dari seluruh Nusantara.

Sementara itu, Wali Kota dalam pernyataannya menjelaskan Kota Jayapura merupakan miniatur Indonesia di mana semua agama dan suku hidup di kota ini.

"Dan kerukunan antar umat beragama di Kota Jayapura sangat harmonis dan penuh dengan toleransi selama kepemimpinan saya sejak 5 tahun pertama hingga berlanjut ke periode kedua ini," jelasnya.

Wali Kota terus mendorong agar kerukunan di Kota Jayapura tetap terjaga dengan baik.

Ia kemudian mencontohkan salah satu programnya dalam hal ini bersama MUI pada setiap momen bulan suci Ramadhan.

"Saya bersama Ketua MUI mengelilingi masjid di kota ini, kemudian melaksanakan buka puasa bersama sekaligus menyampaikan tausiyah dan juga memberikan bantuan kepada pembangunan rumah ibadah yaitu masjid dan Mushola yang sementara dibangun setelah memberikan pesan-pesan moral kepada umat muslim," urainya.

Begitu pula pada perayaan Sholat Ied yang dilaksanakan di tempat terbuka, umat Nasrani turut berpartisipasi menjaga pelaksanaan momen dimaksud.

(Har)


from Berita Papua Wali Kota terima kunker BKSAU Beragama Kota Tomohon - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==