Hadiah HUT ke 108, Pasar Mama-mama Papua resmi difungsikan - Berita Harian Teratas

Penandatanaganan perjanjian pinjam pakai tanah antara Perum Damri dan Pemkot Jayapura
Jayapura, Dharapos.com  
Hari ini, Rabu (7/3/2018),  pasar Mama mama Papua resmi difungsikan.

Peresmian yang dilakukan langsung oleh Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM sebagai hadiah HUT Kota Jayapura yang genap berusia 108 tahun.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan perlu ada dukungan oleh kekuatan ekonomi berbasis kerakyatan sebagaimana diatur dalam UU Otonomi Khusus pasal 42 ayat 1 bahwa pembangunan perekonomian berbasis kerakyatan dilaksanakan dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat adat.

"Untuk itu visi dan misi Pemerintah Kota Jayapura dalam 5 tahun ke depan masa jabatan saya sebagai Wali Kota adalah menempatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan menjadi salah satu program prioritas," urainya.

Hal ini bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah guna mewujudkan masyarakat Kota Jayapura yang mandiri berbasis kearifan lokal, mengurangi tingkat kemiskinan, membuka lapangan pekerjaan dan menciptakan dunia usaha yang tangguh.

"Untuk itu, kita harapkan benar-benar mampu melaksanakan kebijakan-kebijakan strategis secara serius yang dapat mengakomodir kepentingan perekonomian masyarakat yang berkesinambungan dengan solusi yang tepat guna mengangkat derajat dan hak hidup yang lebih baik," tandas  Wali Kota.

Wali Kota DR, Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan
Dengan diresmikan penggunaan Pasar Mama-mama Papua ini, maka harus dimaknai bahwa
Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah senantiasa mengambil kebijakan yang didasarkan pada kepentingan masyarakat.

"Karena itu, pedagang harus mampu menjaga gedung ini dengan berperilaku bersih dan sehat serta tampil profesional dalam pasar ini.  Ini akan memberikan kesan yang baik kepada para pengunjung selaku konsumen yang datang untuk berbelanja dan berdampak pada peningkatan perekonomian para pedagang mama-mama pasar itu sendiri," harapnya.

Orang nomor satu di Kota Jayapura ini juga meminta tidak boleh lagi ada pedagang yang berjualan di emperan toko tetapi semuanya masuk ke dalam pasar.

"Jika masih ada yang berjualan di emperan, maka akan ditertibkan," tegasnya.

Pada momen tersebut Wali Kota juga berpesan kepada seluruh pedagang Mama-mama Papua untuk tidak merusak aset yang telah dibangun.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM kota Jayapura, Robert L. N. Awi, ST, MT dalam laporannya mengatakan, Pasar Mama-mama Papua dibangun oleh Kementerian BUMN dengan dukungan 24 konsorsium BUMN.

Memiliki 4 lantai dengan kapasitas 298 pedagang dengan pembagian untuk lantai satu diperuntukkan bagi jualan basah sementara lantai 2 dikhususkan untuk jualan kering.

Seusai peresmian, langsung dilakukan peninjauan bersama
Kemudian lantai 3 diperuntukkan bagi jualan makanan, kerajinan dan aksesoris sedangkan lantai 4 menjadi lokasi pelatihan.

"Pada bulan Agustus sampai September 2017, kami bekerja sama dengan Pokja Papua untuk melakukan pelatihan kepada 60 pedagang Mama-mama Papua," urainya.

Dirincikan, jumlah pedagang Mama-mama Papua yang terdaftar dan terverifikasi sebanyak 212 pedagang.

Sementara di luar lokasi pasar yang terverifikasi sebanyak 63 orang dengan demikian keseluruhannya berjumlah 275 orang.

Tanggal 6 Maret 2018 Pemkot juga bekerja sama dengan SOLPAP dan telah mulai melakukan pengujian untuk kelas jualan pada sebagian pedagang Mama mama Papua.

Penandatanganan perjanjian berupa pinjam pakai tanah antara Perum Damri dan Pemkot Jayapura serta perjanjian pengelolaan bangunan pasar Mama-mama Papua antara Perum Damri dan Pemkot Jayapura dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum Perum Damri, Sadio Sakti dan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM

Turut disaksikan Staf Kepresidenan, Nanda Hasibuan dan pihak Kementrian BUMN yang diwakili Deputi Infrastruktur Bisnis, Hamra dan Judith.

(Har)


from Berita Papua Hadiah HUT ke 108, Pasar Mama-mama Papua resmi difungsikan - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==