Hari ini, Kota Jayapura genap berusia 108 Tahun - Berita Harian Teratas

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyampaikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com
Kota Jayapura yang hari ini, Rabu (7/3/2018) genap berusia 108 tahun, semakin menegaskannya sebagai kota tertua di Papua dan Papua Barat.

Sejak berdiri 108 tahun lalu, beberapa kali negeri berjuluk Port Numbay ini menyandang nama mulai dari Hollandia, Kota Baru, Sukarnopura dan Jayapura yang bertahan hingga saat ini.

Begitu pula dengan pergantian tampuk kepemimpinan di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini secara bergilir mulai dari pejabat yang nota bene bukan anak asli hingga akhirnya dipegang putra asli Port Numbay asal kampung Tobati DR. Benhur Tomi Mano, MM sejak 2011 - 2016 terhitung sebagai periode pertama.

Kemudian berlanjut pada periode kedua sejak 2017 dan masih berlangsung hingga saat ini.

Tanggal 7 maret telah dijadikan sebagai hari ulang tahun kota Jayapura,sejak tahun 1910 dimana sesuai sejarah singkat kota ini, dan pada masa itu Kapten Sacshe yang berpidato dalam bahasa Belanda  dan dilanjutkan dalam bahasa Melayu dengan penuh semangat dan memberikan komando, “Dengan nama Ratu, naikkan bendera, semoga dengan perlindungan Tuhan tidak akan diturunkan sepanjang massa," maka lahirlah Hollandia atau Jayapura.

Kapolda Papua, unsur Muspida Kota serta para tamu undangan hadir dalam peringatan HUT ke 108
Sehingga setiap tahun Pemkot Jayapura menggelar upacara HUT ke 108 Kota Jayapura sebagaimana yang digelar Rabu (7/3/2018) bertempat di lapangan Lantamal X, kawasan Hamadi, Kota Jayapura Provinsi Papua.

Selain panitia, upacara tersebut melibatkan siswa-siswi SD, SMP, SMA anggota Pramuka, ASN Pemkot, STPDN dan TNI POLRI, perhotelan dan para tamu undangan hingga warga masyarakat.
Kapolda Papua, Muspida Kota, tokoh agama, adat dan paguyuban, OPD lingkup Pemkot, pimpinan BUMN/BUMD dan perbankan serta para pelaku usaha di Kota Jayapura.

Pelaksanaan upacara ini diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kota Jayapura.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya menyampaikan berbagai capaian kemajuan pembangunan selama kepemimpinannya seperti terjadinya peningkatan kualitas hidup umat beragama yang ditandai dengan adanya kebersamaan dan toleransi antar umat beragama yang semakin tinggi.

Kemudian, perbaikan dan pembenahan tata kelola pemerintahan yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

Peserta upacara dari TNI dan POlri,  berbagai lintas sektor hingga pelajar pada semua tingkatan
"Hal ini didukung oleh aparatur yang semakin berkualitas dan berkompetensi serta penataan sistem dan prosedur kerja yang lebih efisien, efektif dan terbuka bahkan dukungan kelembagaan pemerintah yang lebih efektif," urainya.

Dan berbagai capaian keberhasilan di berbagai sektor lainnya hingga membawa Kota Jayapura sejajar dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

"Berbagai capaian keberhasilan pembangunan ini merupakan buah kerja sama dan sinergi antara Pemerintah daerah dengan dunia usaha, BUMN/BUMD, TNI- Polri, tokoh adat, agama sehingga telah mengantarkan kota Jayapura menjadi salah satu kota sangat dinamis," cetusnya.

Selain itu, pesatnya kemajuan pembangunan telah mengangkat Kota Jayapura  turut diperhitungkan di kancah nasional dengan menempati peringkat 20 besar dari 500 lebih kota dan kabupaten di Indonesia berdasarkan penilaian Menteri PAN -RB pada 2016 lalu di Kota Makassar.

Usai upacara, dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan, pemberian penghargaan dan penyerahan hadiah.

(Har)


from Berita Papua Hari ini, Kota Jayapura genap berusia 108 Tahun - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==