Sekian Lama Berpisah, Perayaan HUT RI-75 Awal Perjumpaan Gubernur dan Wagub - Berita Harian Teratas

AMBON - BERITA MALUKU. Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 merupakan moment awal perjumpaan Gubernur-Wakil Gubernur, Murad Ismail-Barnabas Orno, setelah beberapa bulan lamanya tidak lagi bertemu, dikarenakan adanya kesenjangan dalam menjalankan roda pemerintahan, begitu juga di ranah politik, yang berdampak upaya pencopotan Barnabas Orno sebagai Kader PDI Perjuangan, yang saat ini masih dikaji oleh DPD PDI Perjuangan Maluku, yang diketuai Murad Ismail. Dikarenakan keinginan berpalingnya Orno ke Partai Golongan Karya (Golkar).

Ketidakharmonisan tersebut, juga berdampak tidak berperannya Wakil Gubernur dalam berbagai kebijakan di roda pemerintahan, semuanya ditangani oleh Gubernur dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang. Hal itulah, yang membuat Wakil Gubernur, terlihat jarang masuk kantor, dan memilih berdiam diri di kediamannya, yang terletak di kawasan Karang Panjang, Ambon, bersama keluarganya.

Dari pantauan Beritamalukuonline.com, dalam moment kemerdekaan itu, orang nomor satu dan dua di negeri seribu pulau itu, terlihat adanya kesenjangan. Keduanya memilih menahan ego, untuk tidak membangun komunikasi apapun.
Hal itu terlihat dari mulainya sampai akhir acara, Gubernur lebih memilih untuk berbincang dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sedangkan Wakil Gubernur terlihat menyendiri, dengan memanfaatkan mengabadikannya lewat camera canon anak buahnya.

Tak berlangsung lama, Wakil Gubernur memilih pulang bersama Istrinya, Betrix Orno, sedangkan Gubernur tetap melanjutkan dengan berswafoto ditemani istrinya, Widya Pratiwi Murad Ismail, diselemuti wajah kegirangan bersama pimpinan OPD Pemerintah Provinsi Maluku, mulai dari tribun lapangan merdeka, sampai depan kantor Gubernur, tanpa kehadiran pasangannya Wakil Gubernur, yang pernah bersama-sama bertarung di pemilihan kepala daerah di tahun 2018, yang berhasil menumbangkan Incumbent, Said Assagaff-Andreas Rentanubun pada saat itu.

Kedua petinggi di negeri raja-raja itu, kembali berjumpa dalam moment syukuran HUT Kemerdekaan RI, yang berlangsung dilantai tujuh kantor Gubernur.

Dalam moment tersebut, walaupun ada kesenjangan diantara Murad dan Orno, namun keduanya terlihat harmonis saat pemotongan tumpeng, Gubernur berperan untuk menyaji makanan, sedangkan Wakil Gubernur memberikan sajian makanan yang diberikan Gubernur kepada penerima, dalam hal ini perwakilan pasien Covid-19 yang telah disembuh, tenaga medis, veteran, dan lain sebagainya. 

Dalam moment tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur terlihat akrab, walaupun tidak diberangi dengan senyuman manis yang selama ini dipancarkan keduanya diawal-awal proses pemerintahan, pasca dilantik setahun lalu, oleh Presiden, Joko Widodo.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Sekian Lama Berpisah, Perayaan HUT RI-75 Awal Perjumpaan Gubernur dan Wagub - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==