Danrem 151/Binaiya Kunjungi Bendungan Waeapo dan Koramil 1506-4 Waenetat - Berita Harian Teratas


NAMLEA - BERITA MALUKU
. Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw didampingi Kasi Intel Korem, Letkol Kav Hendra Ferdinandus, Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi, S.A.P, M.Tr(Han) bersama rombongan, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) pada lokasi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Waeapo yang berlokasi di Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongguba dan kunjungan selanjutnya dilakukan pada Koramil 1506-4 Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Kamis (17/09/2020).
Kedatangan Danrem 151/Binaiya bersama rombongan didampingi Dandim 1506/Namlea, disambut meriah dengan tarian adat cakalele dan pemasangan Lenso Adat (Lestari) yang kemudian dipasangkan oleh raja petuanan Kaiely dan raja petuanan Kasodin kepada Danrem 151/Binaiya dan Dandim 1506/ Namlea.

Tibanya rombongan disambut meriah oleh petuang, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan lainnya, dan sebelum memasuki lokasi Bendungan Waeapo, kedua raja petuanan (Kaiely dan Kasodin) meminta kepada Danrem 151/Binaiya agar kedepan, anak asli Putra daerah ini bisa menjadi bagian dari keluarga besar TNI. Dinyatakan pula, dengan dibangunnya bendungan dimaksud, para tokoh adat dataran tinggi akan terus membantu proses kelancaran pembangunan.

Menjawab permintaan tokoh adat, Danrem 151/Binaiya juga sebaliknya meminta kepada seluruh tokoh adat agar bersama-sama mendukung dan membantu jalannya proyek bendungan.

Menurut Danrem, bila waduk tersebut rampung, maka dapat meningkatkan perekonomian di Pulau Buru dan dapat mengantisipasi genangan banjir yang selama ini dihadapi masyarakat di Dataran Waeapo.

"Saya juga minta kepada semua tokoh adat agar mendukung dan membantu proyek ini. Kedepannya ketika rampung, akan membawa manfaat besar, terutama untuk perekonomian serta dapat mengantisipasi banjir selama ini. Untuk penerimaan Bintara TNI-AD tahun 2020, tugas dan tanggung jawab panitia dari Korem sudah selesai di daerah, kemudian seleksi tingkat pusat adalah kewenangan tim seleksi pusat," ucap Perwira Satu Bintang ini.

Saat memasuki lokasi bendungan, pihak perusahan SOP K3 menyambut meriah dan sekaligus memberikan Alat Pelidung Diri (APD) dan kemudian dilakukan penjelasan singkat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Maluku, Ruslam Malik terkait struktur, mekanisme pekerjaan, luas areal terdampak, manfaat, serta situasi kamtibmas dalam pengerjaan pembangunan bendungan.

Sesudah melakukan kunjungan ke Bendungan Waeapo, rombongan kemudian melanjutkan kunjungan pada Kantor Koramil 1506-4/Waeapo, yang dipimpin Kapten Inf Thamrin Batuatas.

Dalam kunjungan itu, Danrem151/Binaiya sekaligus melaksanakan kegiatan penanaman anakan pohon Ketapang, Alpukat dan Jeruk pada areal halaman Kantor Koramil 1506-4/Mako Waeapo. (AK/AS)

from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Danrem 151/Binaiya Kunjungi Bendungan Waeapo dan Koramil 1506-4 Waenetat - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==