Sambut Hari Ibu Persit KCK, Yonif 731 Adakan Penyuluhan Kanker Serviks - Berita Harian Teratas


MASOHI - BERITA MALUKU.
Dalam rangka memperingati Hari Ibu, Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 2 Yonif 731 Cabang X Brigif 27 PD XVI/Pattimura mengadakan penyuluhan kesehatan dengan tema kanker rahim dan kanker serviks, bertempat di aula Yonif 731/kabaresi, Masohi, Kamis (17/12/2020).


Kegiatan itu menghadirkan pemateri dari dinas kesehatan kabupaten Maluku tengah, Kabid Kesmas, Hani Salampesy, SKM. MKM, Kasi P2M, PTM dan Keswa, Umar Pawae, S. Sos, Kasi Gizi, KIA Yulianti E Tahapary, S.ST, Moderator kegiatan, Letda Ckm dr. Ario Kadar Suryo, serta 40 orang Persit Kartika Candra Kirana dan 10 orang Bayangkari cabang Maluku tengah.


Dalam paparannya, Hani Salampesy menjelaskan bahwa kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. 


Human papilloma virus (HPV) mnurutnya, merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. 


Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian inilah yang seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker yang sebagian besar berlangsung tanpa gejala.


"Untuk pencegahan sekunder terhadap kanker serviks hendaknya para wanita rajin melakukan skreaning, papsmear. ada beberapa tips sehat untuk mencegah kanker serviks antara lain dengan rajin menjaga organ kewanitaan, menghindari pembalut yang mempunyai kualitas rendah, vaksin anti kanker serviks serta deteksi organ intim secara dini dan berkala," jelas Salampesy.


Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat memahami serta dapat mendistribusikan pengetahuan tentang kanker serviks kepada keluarga terdekat serta lingkungan. (*hb)



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Sambut Hari Ibu Persit KCK, Yonif 731 Adakan Penyuluhan Kanker Serviks - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==