Masyarakat Malteng Keluhkan Belum Menerima Dana Bencana, Serta Nelayan Sulit Mendapatkan Subsidi BBM - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Tiga tahun berlalu, masyarakat terdampak bencana Gempa tahun 2019 di Kabupaten Maluku Tengah, hingga kini belum juga menerima bantuan dana dari pemerintah untuk memperbaiki atau rehab rumah mereka. 


Hal ini-pun diakui Anggota DPRD Maluku, Halimun Saulatu kepada wartawan di rumah rakyat, Karang Panjang, Ambon, Senin (09/01/2023). 


Dikatakan, dalam pelaksanaan reses, masyarakat suli dan sekitarnya menginginkan agar bantuan yang dijanjikan harus secepatnya direalisasikan. 


Menindaklanjuti hal tersebut, Halimun mengakui telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malteng. Dari penjelasan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), belum disalurkan bantuan dana bencana, dikarenakan masih dalam perbaikan data. 


"Memang datanya menurut Kepala BPBD waktu invetarisiasi data awal itu karena menggunakan surat keterangan kependudukan, sementara dari BNPB meminta dokumen lengkap kependudukan resmi KTP, KK dan lainnya," ungkapnya. 


Jika perbaikan data selesai, Halimun memastikan Pemkab Malteng akan langsung menyalurkan kepada masyarakat terdampak bencana. 


"Mungkin dalam waktu dekat sudah bisa jalan," ucapnya. 


Hal serupa juga dikeluhkan masyarakat Tehoru terkait infrastruktur yang rusak akibat gempa tahun 2021.


"Masyarakat mengeluh terkait infrastruktur bencana di tehoru sampai sekarang belum ada perbaikan. Harapannya pemda kabupaten bisa melihat itu," tuturnya.


Hal lainnya berkaitan sulitnya nelayan mendapatkan Bahan Bahan Minyak (BBM). 


Menerima keluhan tersebut, Halimun telah menghubungi Kepala Dinas Perikanan Maluku Tengah untuk membuka diri dalam menyikapi persoalan dimaksud, dengan memberikan surat keterangan bagi nelayan untuk mendapatkan BBM dengan mudah. 


"Solusinya merena ke dinas perikanan, minta surat keterangan dari dinas kemudian dibawa ke SPBU supaya bisa dijual kepada mereka," pungkasnya.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Masyarakat Malteng Keluhkan Belum Menerima Dana Bencana, Serta Nelayan Sulit Mendapatkan Subsidi BBM - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==