Hasil Evaluasi Kemengari Administrasi Di Pemkot Ambon Lemah - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Walaupun sudah banyak mendapat apresiasi dan penghargaan baik dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Maluku terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pemerintahan, terutama dari sisi Administrasi dan pelaporan. 


Terbukti dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap penyelenggaraan pemerintahan, administrasi dan pelaporan Pemerintah Kota Ambon mendapat penilaian terendah, atau hampir terendah se-Provinsi Maluku. 


"Untuk soal administrasi, laporan kita masih lemah. Yang sifatnya hanya masing-masing OPD menginput apa yang sudah dilakukan kita masih lemah dan perlu terus diperbaiki," ujar Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena saat memimpin apel pagi di Pattimura Park, Senin (22/01/2024). 


Dikatakan, rendahnya pelaporan dan administrasi disebabkan karena ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak melakukan penginputan data pada sistim. Hal inilah yang sepatutnya tidak perlu terjadi, dikarenakan pada masing-masing OPD telah ditempatkan admin yang bertanggung jawab akan hal tersebut. 


"Sebenarnya ini tinggal masing-masing OPD terkait melaporkan atau menginput di sistim, hanya saja karena mungkin ada yang tidak menginput sehingga skor kita sangat rendah. Tapi kalau itu terjadi hanya kelalaian kita dalam hal ini Admin OPD Dalam menginput di sistim yang ada, maka hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi," tuturnya.  


Olehnya itu, Bodewin mengingatkan kepada semua OPD agar persoalan seperti ini kedepannya tidak perlu terjadi lagi, apalagi penyampaian laporan merupakan pekerjaan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk melakukan penginputan pada masing-masing sistim yang sudah tersedia.   


"Jadi persoalan bukan di Pemkot tidak mampu, tetapi karena kita tidak serius memenuhi kewajiban untuk melakukan penginputan pada masing-masing sistim yang sudah tersedia. Kita sudah tahu setiap tahun apa yang harus kita laporkan, itu pekerjaan rutin bukan hal baru yang kita rapatkan, ingatkan. Kalau itu hal rutin yang terjadi setiap tahun, maka masing-masing OPD musti sudah tahu setiap tahun harus buat apa terkait laporan-laporan ke Pempus," pintanya. 


Bodewin juga berharap kepada seluruh pihak untuk bekerja dengan semangat kebersamaan untuk melakukan yang terbaik bagi kota Ambon tercinta. 


"Kita punya banyak tantangan yang akan dihadapi, saya berharap itu menjadi semangat motivasi kita untuk melakukan yang terbaik bagi kota ini," pungkasnya.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Hasil Evaluasi Kemengari Administrasi Di Pemkot Ambon Lemah - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==