Dugaan Korupsi Di Sekretariat Kota Ambon, LKBH PMHI Desak Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Khusus - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
DPC Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum - Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (LKBH-PMHI) melakukan aksi demo di depan kantor Wali Kota Ambon.


Aksi demo yang berlangsung pukul 12.00 WIT, Jumat (19/01/2024), menuntut agar inspektorat melakukan pemeriksaan atas dugaan tindak pidana korupsi melibatkan Sekretariat di Balai kota Ambon.


Terdapat empat point yang menjadi tuntutan dari pendemo. Satu, terkait pengembalian kelebihan anggaran pembayaran makan minum pada sekretariat kota Ambon masing-masing sebesar Rp14.557.180,00 juga melengkapi dokumen pertanggung jawaban pada sekretariat kota masing masing sebesar Rp1.769.405.450,00 pada TA 2019 yang menjadi rekomendasi BPK RI.


Dua, harus ada tindakan mengenai sekertaris kota Ambon yang tidak cermat dalam mengawasi dan mengendalikan belanja yang menjadi tanggung jawabnya di TA 2020 untuk menarik indikasi kerugian daerah pada realisasi belanja perjalanan dinas di sekretariat kota Ambon sebesar Rp730.704.571,00 yang menjadi rekomendasi BPK RI.


Tiga, Sekertaris kota Ambon untuk memerintahkan bendahara pengeluaran TA 2021 untuk mempertanggung jawabkan yang tidak menggunakan bukti senyatanya sebesar Rp.1.020.900.000,00 yang menjadi rekomendasi BPK RI.


Empat, Sekertaris kota Ambon harus menginstruksikan inspektorat untuk melaksanakan pemeriksaan khusus belanja barang dan jasa tahun 2021 dan 2022 pada sekretariat kota Ambon untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab dan jumlah belanja yang yang harus di setor ke kas daerah dan/atau tidak sesuai ketentuan tersebut serta hasil," ujar Pendemo dalam pernyataan sikap.


Atas tuntutan tersebut, Asisten III Pemkot Ambon, Robby Sapulette yang menemui para pendemo mengatakan akan berkoordinasi dengan Penjabat Wali Kota dan Sekretaris Kota untuk membahas apa yang menjadi tuntutan LKBH-PMHI.


"Selanjutnya kita akan undang Adik-adik sekalian untuk kita berdiskusi. Untuk waktu kita akan berkoordinasi sebab saat ini Pak Sekkot masih ada di luar daerah," pungkasnya.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Dugaan Korupsi Di Sekretariat Kota Ambon, LKBH PMHI Desak Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Khusus - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==