Ribuan warga Muara Tami banjiri momen sehari bersama Wali Kota-Muspida Kota - Berita Harian Teratas

Ribuan masyarakat membanjiri halaman kantor Distrik Muara Tami, mulai dari anak-anak hingga dewasa,
anggota TNI - POLRI guna meramaikan momen sehari Wali Kota dan Muspida Kota Jayapura
Muaratami, Dharapos.com
Sejumlah kegiatan yang digelar Pemerintah kota bersama panitia HUT ke 108 tahun Kota Jayapura mewarnai momen sehari Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Muspida setempat bersama masyarakat Distrik Muara Tami, Sabtu (17/2/2018).

Di awali kegiatan jalan santai bersama masyarakat setempat yang oleh panitia disediakan sejumlah hadia menarik bagi peserta.

Kegiatan lain yang turut dikemas pada momen yang sama diantaranya pelayanan dokumen kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Jayapura yang dipusatkan di halaman kantor Distrik Muara Tami.

Tak ketinggalan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura yang menggelar pasar murah  serta pengobatan cuma-cuma oleh Dinas Kesehatan dan aksi donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Termasuk, pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura.

Turut memeriahkan, berbagai penampilan tarian oleh anak-anak sekolah di Distrik Muara Tami seperti tarian Merak dari SD Inpres Koya Timur I serta persembahan salah satu siswa SD Negeri 2 Koya barat membawakan puisi berjudul "Untukmu Bapak Walikota".

Melengkapi rangkaian momen ini, Wali Kota juga melauncing sejumlah rencana program pembangunan fisik TA 2018 di Distrik Muara Tami bidang Sumber Daya Air, Cipta Karya dan bidang Bina Marga.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat melepas peserta jalan santai
Wali Kota pada kesempatan tersebut menguraikan berbagai program Pemkot yang saat ini memfokuskan semua kegiatan di wilayah perbatasan RI - PNG dan tersebar pada dua kelurahan, Koya Timur dan Koya Barat serta sejumlah kampung mulai dari Koya Tengah hingga Skouw Yambe.

Hal tersebut menjadi perhatian Pemkot karena Distrik Muara Tami merupakan wilayah pertanian yang tercatat ada 65 persen merupakan daerah pertanian yang menyuplai bahan-bahan makanan, sayuran dan buah-buahan.

Selain persawahan dan juga perkebunan seperti cokelat dan buah merah serta pengembangan holtikultura termasuk pula peternakan sapi, kambing dan babi.  

Hal ini semakin mempertegas Muara Tami sebagai kawasan minapolitan dan agrobisnis.

"Semua yang dikembangkan kini mengalami peningkatan produksi bahkan dari sini juga telah dihasilkan Brasco yang telah dipasarkan ke seluruh wilayah Kota Jayapura termasuk wilayah Pegunungan Tengah," urainya.

Untuk itu, dengan ketersediaan lahan yang luas seiring hasil produksi yang terus meningkat wajib diimbangi dengan pemeliharaan, pengawasan hingga pemasaran ke wilayah Kota Jayapura.

Dinas Perikanan, lanjut Wali Kota juga mengembangkan sejumlah kerambah di Kampung Holtekamp.

Unsur Musspida Kota Jayapura 
Sebagian masyarakat di Muara Tami yang berprofesi sebagai nelayan juga mendapat perhatian Pemkot berupa bantuan sejumlah peralatan seperti di Skouw Sae, Skouw Mabo dan Skouw Yambe.

Pembangun jembatan Hamadi Holtekam yang diperkirakan bakal rampung pada 2019 mendatang diharapkan  dapat mendukung berbagai program Pemkot karena kelancaran akses warga Muara Tami ke pusat kota akan lebih cepat begitu pun sebaliknya.

Dengan rampungnya jembatan Hamadi - Holtekam nanti maka wilayah Muara Tami akan semakin berkembang baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan di bidang infrastruktur sebagaimana target orang nomor satu Ibukota Provinsi Papua ini yang tengah merancang Muara Tami menjadi salah satu kota yang sangat luar biasa.

Selain itu, kerja sama Pemkot dengan Pempus kini telah terealisasi berupa sejumlah pekerjaan fisik seperti pembangunan jalan lingkungan di kampung Skouw Sae, Mabo dan Skouw Yambe juga pasokan air bersih dan listrik 24jam di kawasan perbatasan.

Bahkan  kini sementara dibangun toko dan mall serta fasilitas keagamaan seperti gereja dan mushola.

Pantauan media ini, ribuan masyarakat Muara Tami membanjiri halaman kantor Distrik Muara Tami, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, begitu pula kehadiran anggota TNI - POLRI meramaikan momen sehari Wali Kota dan Muspida Kota Jayapura.

(Har)


from Berita Papua Ribuan warga Muara Tami banjiri momen sehari bersama Wali Kota-Muspida Kota - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==