Tempati pos baru, Pasollo siap pertahankan prestasi pendidikan - Berita Harian Teratas

Dr. Fahcrudin Pasollo, M.Si resmi menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan Kota Jayapura menggantikan I Wayan Mudiyasa
Jayapura, Dharapos.com 
Tepat hari ini, Rabu (28/2/2018), Dr. Fahcrudin Pasollo, M.Si resmi menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura menggantikan I Wayan Mudiyasa.

Tentunya, sejumlah langka dan strategi telah disiapkan untuk tetap mempertahankan prestasi organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut yang selama ini telah menjadikan Kota Jayapura, barometer pendidikan di Tanah Papua.

Pasollo yang dikonfirmasi usai pelantikan mengakui wajah pendidikan di Kota Jayapura, dan secara data  di bawah kepemimpinan Wali Kota Dr. Benhur Tomi Mano, MM pada 5 tahun terakhir menunjukkan tren yang sangat baik dari sisi kinerja.

Dimana tren tersebut berkaitan dengan indikator pengukuran pendidikan mulai dari lama sekolah, jumlah siswa, jumlah angka melek huruf, angka kelulusan dan seberapa besar daya terserap di pendidikan berikutnya.

"Dari indikator-indikator tersebut salah satunya adalah yang berkaitan dengan IPM yaitu lama sekolah dan angka melek huruf dimana untuk Kota Jayapura mencapai 78,16 persen,“ urainya.

Pemkot sekarang, lanjut Pasollo, hanya bertanggung jawab terhadap  Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah serta Sekolah Menengah Pertama pasca pengambilalihan tanggung jawab SMA/SMK oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Kemudian berpengaruh pula terhadap jumlah guru dimana sesuai RPJMD ada sebanyak 3.939 guru yang terdiri dari 2.048 guru  PNS dan tenaga honorer sebanyak 1.047 setelah di kurangi guru SMA/SMK.

"Tetapi yang paling penting bagi saya adalah bagaimana kita bisa mempertahankan prestasi bahkan meningkatkannya," tandasnya.

Pasollo juga menginginkan sekolah-sekolah di Kota Jayapura wajib menghasilkan lulusan yang melebihi atau minimal setara dengan nasional dengan tak melupakan hak para guru di wilayah tersebut.

"Karena pendidikan merupakan sistem yang tidak bisa terlepas dari pendidik dan tenaga kependidikan begitu juga peserta didik serta sarana dan prasarana, sehingga ini tentu menjadi fokus saya setelah dipercayakan menduduki jabatan ini," tandasnya.

Sejumlah langkah lainnya juga bakal disiapkan dalam rangka memaksimalkan.

Selaku pimpinan yang baru, Pasollo juga tak menginginkan ada jarak antara Kepala Dinas, para staf dan juga para guru mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP.

Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura ini juga berjanji akan turun ke semua sekolah bersama pengawas.

(Har)


from Berita Papua Tempati pos baru, Pasollo siap pertahankan prestasi pendidikan - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==