Pembudidaya Rumput Laut Terima Bantuan Sarpras Dari DKP KKT - Berita Harian Teratas


SAUMLAKI - BERITA MALUKU.
Kelompok masyarakat pembudidaya rumput laut di Kepulauan Tanimbar menerima bantuan sarana dan prasarana (sarpras) perikanan yang diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). 


Penyerahan bantuan sarpras dilaksanakan di tengah Laut Rotan, Desa Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut) pada Jumat, 4 September 2020 lalu.


Kepala DKP KKT Frederick Batlayeri, Senin (07/09/2020) mengungkapkan kalau sarana dan prasarana bidang perikanan budidaya yang diberikan berupa 25 paket, yang terdiri dari tali longline, waring atau alat jumuran rumput laut, terpal, jangkar dan pendukung lainnya. Bantuan-bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinas Perikanan. Bahkan juga pihaknya melibatkan para tokoh agama setempat untuk ikut dalam kegiatan dimaksud, dengan tujuan agar para pendeta, pastor dan ustad ini bisa memberikan motivasi kepada para pembudidaya.


"Diharapkan meraka bisa merawat, memanfaatkan bantuan sarana dan prasarana yang diberikan agar berdayaguna dan dapat meningkatkan usaha perikanan budidaya rumput laut," ujar Batlayeri.


Pemberian bantuan sarpras tersebut, diberikan karena hampir 80 persen terjadi peningkatan hasil rumput laut, bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya capai 40 persen di akhir Desember 2019. Faktor utama hingga terjadi peningkatan hasil, karena banyak yang beralih dari pertanian maupun nelayan tangkap ke budidaya rumput laut. 


Diungkapkan, dari 10 kecamatan, lima kecamatan menjadi titik sentral budidaya rumput laut. Diantaranya Kecamatan Selaru, Wermaktian, Wuarlabobar, Tanimbar Utara, dan Kecamatan Molu Maru, dengan luasan budidaya sebesar 22.000 hektar, namun yang baru terkelola selama ini hanya sebanyak sembilan ribu hektar.


"Sejauh ini, rumput laut kering pangsa pasarnya lebih banyak di Surabaya maupun Makasar. Namun harga rumput laut sementara menurun tajam yakni Rp10 ribu per kilogramnya, dari harga normalnya Rp16.000 sampai Rp20.000," ungkapnya. (ys)




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Pembudidaya Rumput Laut Terima Bantuan Sarpras Dari DKP KKT - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==