Camat TNS Himbau Masyarakat Olah Lahan Tidur - Berita Harian Teratas


MASOHI - BERITA MALUKU.
Camat Teon Nila Serua (TNS), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), S.J. Dias mengatakan, lahan produktif untuk bercocok tanam di wilayah TNS sangat luas. Lahan ini perlu dimanfaatkan sebaiknya, dan lahan ini pun tak boleh dibiarkan menganggur supaya nantinya dapat dipergunakan untuk menanam berbagai macam tanaman konsumtif guna memenuhi kebutuhan masyarakat, terlebih dalam kondisi sulit akibat diterpa wabah covid-19 saat ini. 


Untuk itu, melalui program yang sudah dicanangkan, maka masyarakat TNS diajak untuk mengolah atau menggarap lahan-lahan tidur yang selama ini belum dimanfaatkan untuk memanam berbagai jenis tanaman seperti sayur, umbi-umbian, buah-buahan dan lain sebagainya yang natinya bisa dikonsumsi masyarakat. 


“Kami dengan seluruh staf pegawai kantor, door to door dari desa ke desa mengajak seluruh masyarakat, baik itu pegawai, petani, pengusaha maupun pemuda agar mengolah lahan-lahan tidur yang selama ini belum digarap,” kata Camat kepada media ini, Rabu (16/12/2020).


Camat mengatakan program yang mereka buat ini sudah disosialisasikan beberapa bulan kemarin, sejak wabah Covid 19 melanda belahan dunia termasuk di kabupaten Maluku Tengah. 


Sasarannya adalah, bagaimana mengatasi rawan pangan, apalagi dengan kondisi wabah ini berkepanjangan yang membuat masyarakat sulit memenuhi kebutuhan hidup.


“Untuk itu, lewat sosialisasi ini, membuat warga benar-benar punya kesadaran dan berlomba-lomba untuk menggarap dan terus menanam berbagai jenis tanaman,” ujar pria asal MBD ini.

 

Di lain pihak camat mengakui ternyata sudah ada lahan garapan mereka saat ini yang berhasil, dan juga sudah ada warga yang menikmati hasilnya. Dan ini bukti bukan rekayasa.


“Kegiatan yang kami lakukan ini, program yang sudah dicanangkan dari pemerintah pusat sampai ke daerah-daerah untuk dilaksanakan agar seluruh masyarakar yang ada di republik ini dapat melanjutkannya dan nanti bisa bermanfaat,” ujarnya. (e/hb)



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Camat TNS Himbau Masyarakat Olah Lahan Tidur - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==