Bulan K3 Nasional 2023 Di Provinsi Maluku Resmi Dicanangkan - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Secara resmi Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2023 di Provinsi Maluku resmi dicanangkan. 


Pencanangan yang berlangsung di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Naketrans) Provinsi Maluku itu, ditandai dengan pelapasan balon ke udara oleh Kepala Dinas Naketrans Maluku, Endang Diponegoro, Kamis (12/01/2023). 


Turut didampingi Ketua Apindo, Ketua KSBSI, Ketua SPSI, Pimpinan BUMN, BUMR, Serta Pejabat eselon III, IV Lingkup Dinas Naketrans Maluku. 


Pencanangan Bulan K3 Tahun 2023 yang dirangkai dengan senam pagi ini, mengusung Tema "Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha Di Setiap Tempat Kerja", dan sub Tema "Mewujudkan Budaya K3 Disetiap Tempat Kerja Guna Mendorong Kemajuan Dan Keberlangsungan Usaha Menuju Maluku Bisa".



Kepala Dinas Naketrans Maluku, Endang Diponegoro, mengatakan pencanangan pelaksanaan Bulan K3 menindaklanjuti amanat  pasal 87 undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). 


Dirinya berharap melalui pencanangan Bulan K3, seluruh lapisan masyarakat baik masyarakat umum, maupun industri, para cendekiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain sebagainya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan peran bulan K3, sehingga tercipta secara mandiri dan dapat mendukung terwujudnya pekerjaan layak dalam berbudaya mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja, guna mendorong kemajuan dan keberlangsungan untuk Maluku Bisa. 


"Bulan K3 ini diharapkan menciptakan tempat kerja yang aman nyaman sehat menuju kecelakaan di dunia peningkatan produksi dan produktivitas nasional dan provinsi Maluku dapat segera terwujud,"tandasnya.


Sementara itu, Direktur PT Dok Dan Perkapalan Waiame Ambon, Slamet Riyadi selalu ketua Panitia Bulan K3 Tahun 2023, dalam laporannya mengatakan pencanangan bulan K3 bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan K3, menjamin terlaksanannya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital ekonomi, mewujudkan SDM K3 yang unggul dan berdaya saing, serta meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan K3 disetiap pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 


Kemudian meningkatnya sejumlah perusahaan menerapkan sistem K3, meningkatkan K3 dalam mengurangi kecelakaan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha dan berbudaya K3, serta meningkatkan produktifitas kerja secara nasional. 


Dijelaskan, penyelenggaran Bulan K3 tahun 2023 yang dilaksanakan mulai dari 12 Januari-12 Februari mendatang, dirangkai dengan berbagai kegiatan yang akan menggerakan masyarakat secara luas, mulai dari promosi melalui spanduk, baliho, baner yang dipasang di keramaian dan posisi strategis lainnya, kegiatan seminar K3, dan kegiatan implementasi antara lain pembinaan, pemeriksaan dan pengujian K3, pemeriksaan kesehatan tenaga kerja, pengukuran dan pengujian lingkungan kerja, dan kegiatan lainnya. 


"Implementasi K3 dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan. Kegiatan bersifat strategis antara lain penacangan bulan K3, apel bulan K3 direncanakan 12 Februari di PT Dok Dan perkapalan Waiame,, serta memberikan pengharagaan K3, dan kegiatan startegis lainnya," pungkasnya.




from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Bulan K3 Nasional 2023 Di Provinsi Maluku Resmi Dicanangkan - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==