Cuaca Ekstrem, BMKG Mimika Ingatkan Kapal Kecil Tak Berlayar Saat Ini - Berita Harian Teratas

Forecaster BMKG Mimika Bayu Nugraha (Foto:salampapua.com/Evita)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mimika, Bayu Nugraha mengingatkan para operator kapal kecil untuk tidak berlayar pada kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Dia mengatakan, potensi tinggi gelombang mencapai 1-25 – 2,5 meter di Perairan Agats – Amamapare dan setiap paginya ada awan besar yang berpotensi menambah tinggi gelombang dan besarnya angin.

“Informasi cuaca pelayaran selalu kami update kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Radio pantai juga selalu mengamati keadaan laut setiap detiknya,” ujar Bayu saat ditemui di kantor BMKG Mimika, Sabtu (21/1/2023).

Jadi saat ini, kata bayu, sudah ada peringatan bagi kapal nelayan, kapal Tongkang dan kapal Ferry, sebaiknya menunda untuk berlayar atau melaut hingga kondisi cuaca berangsur membaik.

“Kalau sudah di laut kan kita sudah tidak bisa prediksi lagi. Jadi informasi iklim dan cuaca ini benar-benar diterima dengan baik, betul-betul dipahami, dan betul-betul dipatuhi agar kasus kecelakaan laut akibat gelombang tinggi dapat dicegah,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy



from SALAM PAPUA Cuaca Ekstrem, BMKG Mimika Ingatkan Kapal Kecil Tak Berlayar Saat Ini - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==