Hidup Kembali, Lemasa Gelar Musdat Ke-III - Berita Harian Teratas

Tim formatur konsolidasi Lemasa usai menggelar konferensi pers (Foto:salampapua.com/Acik)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Setelah vakum bertahun-tahun, Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa) kini hidup dan akan kembali melaksanakan Musyawarah Adat (Musdat) ke III pada tanggal 19 Januari 2023.

Sesepuh suku Amungme, Donatus Kelanangame menyampaikan bahwa Musdat Lemasa ke III merupakan hajatan yang sakral untuk menghidupkan kembali wadah yang selama ini vakum. Dimana tokoh-tokoh  yang terpilih akan membawa masyarakat dan menentukan masa depan suku Amungme agar bisa maju di atas tanahnya sendiri.

“Harkat dan martabat Amungme akan ditentukan dalam Musdat ini. Musdat kali ini merupakan Musdat yang jauh berbeda dengan Musdat sebelumnya,” ungkapnya saat menggelar Konferensi Pers, Rabu (18/1/2023).

Karena itu ia mengimbau agar seluruh orang suku Amungme yang selama ini berdiri sendiri tidak perlu menyangkal dan segera bergabung kembali bersama tokoh-tokoh dan tetua yang saat ini sama-sama menghidupkan kembali Lemasa.

“Semua orang Amungme yang ada di luar pagar harus kembali bergabung bersama untuk menentukan masa depan generasi Amungme yang baik,” ujarnya.

Sedangkan Mandataris Tim Konsolidasi Lemasa, Menuel Jhon Magal mengungkapkan bahwa yang terlibat dalam kepanitiaan Musdat adalah tokoh-tokoh terkemuka di Timika.

Tujuan dilaksanakannya Musdat adalah untuk mengembalikan roh Lemasa, karena kondisi Lemasa yang lama tidak berjalan dengan baik, sehingga warga suku Amungme ketinggalan di berbagai aspek.

“Benar yang disampaikan pak Donatus. Ini hajatan yang sakral dilakukan masyarakat adat dan berbicara adat. Jadi semua orang Amungme yang selama ini di luar, harus kembali dan bersatu,” ungkapnya.

Menurut dia, upaya tersebut dilakukan dengan maksud agar Lemasa kembali bangkit melalui inisiatif dari orang Amungme itu sendiri, sehingga dapat mengambil bagian dalam pembangunan di Timika. 

“Kami tidak bermaksud untuk menentang siapapun termasuk pemerintah ataupun lembaga lainnya. Yang jelas Lemasa siap bermitra dengan pemerintah dan lembaga lainnya,” ujar Menuel.

Lebih lanjut disampaikan, pokok-pokok yang akan dibahas dalam Musdat Lemasa ialah terkait Adat dan Budaya, Pendidikan dan Kesehatan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Ekonomi dan Bisnis serta Hukum, HAM dan Politik. Kemudian pada tanggal 20 Januari 2023 akan dilakukan pelantikan pengurus baru Lemasa.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy



from SALAM PAPUA Hidup Kembali, Lemasa Gelar Musdat Ke-III - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==