47,51 Persen Jalan Provinsi Di Maluku Rusak Berat - Berita Harian Teratas


AMBON - BERITA MALUKU.
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur nomor 191 tahun 2023, terdapat 68 ruas jalan berstatus provinsi yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota, dengan total panjang mencapai 996,83 Kilometer (Km). 


Dari jumlah tersebut baru sekitar 52,49 persen atau 523,13 Km yang dikategorikan mantap (baik dan rusak ringan, sedangkan 47,51 persen atau 473,5 kilometer belum mantap (rusak berat). 


"Untuk jalan belum mantap tersebar merata di 11 Kabupaten/kota," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu kepada wartawan di Ambon, Rabu (13/11/2023). 


Dikatakan, salah satu faktor tingginya ketidakmantapan jalan di Maluku yang mencapai 47,51 persen, disebabkan keterbatasan keuangan daerah. 


Solusinya, Pemerintah Provinsi Maluku kini terus berupaya melakukan berbagai terobosan, salah satunya meminta bantuan sumber dana dari pusat dalam menyelesaikan persoalan jalan, baik melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara menjadi inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur, maupun dari Dana Inpres. 


"Untuk jalan belum mantap, kalau kita lihat fiskal daerah rendah, berarti kita harus upayakan sumber dari pusat. Nanti kita cek ada jalan lain untuk menangani jalan daerah maka kita usulkan," cetusnya.


Untuk dana Inpres, Usemahu dalam pengusulan tahap I dari total 8 kegiatan, baru 4 kegiatan yang diakomodir, sedangkan 4 kegiatan lainnya tertunda. 


Untuk kegiatan tertunda, menurutnya akan diusulkan kembali ke dana Inpres Tahap II bersamaan dengan kegiatan lainya. 


"Jadi memang benar sumber daya di bidang fiskal di sangat terbatas untuk menangani ini, sehingga pada ruas ruas tersebut tangani dengan alokasi dana yang minim. Mudah-mudahan kita berdoa di 2024 di Inpres tahap II sudah bisa masuk. Saya kira ini prioritas untuk kita dorong," tandas Usemahu. 


Prinsipnya, mantan Kepala BPBD Maluku itu memastikan akan melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemantapan jalan. 


"Kita akan terus berupaya akan hal ini, sambil kita menyiapkan AMDAL, kesiapan lahan, untuk bisa menyakinkan Pempus supaya bisa langsung dibantu," pungkasnya.



from Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku 47,51 Persen Jalan Provinsi Di Maluku Rusak Berat - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==