Dukung Pesta Budaya, RSUD Agats Siapkan Tim Medis - Berita Harian Teratas

RSUD Agats
SAPA (ASMAT) — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats, Kabupaten Asmat menyiapkan satu tim medis untuk mendukung pelaksanaan Pesta Budaya Asmat ke-32. Tim tersebut disiagakan untuk menangani masyarakat yang sakit atau membutuhkan pertolongan medis saat festival budaya berlangsung.

Direktur RSUD Agats, Riechard Mirino mengatakan, pihaknya masuk dalam kepanitiaan Pesta Budaya Asmat tahun ini. Rumah sakit memberikan dukungan dari aspek kesehatan, terutama mengatasi orang sakit selama festival diselenggarakan. “Kami memang belum diundang oleh panitia untuk rapat. Kami tidak menunggu itu. Ini acara moment besar, sehingga memang kita harus terlibat. Kami sudah mulai persiapkan,” kata Mirino, Selasa (17/10).

Mirino menyatakan, ia telah melakukan pertemuan dengan para dokter dan staf untuk membentuk sebuah tim medis yang siaga pada saat acara pembukaan hingga penutupan pesta budaya. “Nanti kami kawal pawai dengan ambulance. Jika ada yang sakit atau butuh pertolongan, akan segera ditangani. Tim juga disiagakan di Lapangan Yos Sudarso yang menjadi pusat kegiatan,” tuturnya.

Selain itu, Mirino, pihaknya menyiapkan berbagai ruangan di RSUD Agats, seperti Unit Gawat Darurat (UGD) dan poli. Juga disiapkan satu ruangan khusus untuk pasien yang mengalami gangguan saraf atau stroke ringan. “Akan ada satu dokter saraf yang datang menyaksikan pesta budaya sekaligus melakukan pelayanan. Sehingga nanti kalau ada masyarakat yang sakit seperti gangguan saraf, akan dilayani di rumah sakit,” terang dia.

Dikatakan Mirino, pihaknya membentuk sebuah tim medis yang terdiri dari dua dokter dan enam perawat. Mereka akan siaga selama festival budaya berlangsung. “Tapi nanti saat rapat panitia baru dapat kepastian soal jumlah tenaga medis yang disiapkan,” katanya.

Ia berharap ada satu posko khusus tenaga medis yang disiapkan di Lapangan Yos Sudarso, sehingga petugas lebih siaga dan  pasien dapat lebih cepat ditangani. “Kalau ada posko justru lebih bagus. Petugas lebih siaga untuk menangani langsung di posko. Kalau ada yang gawat, ya bisa segera juga diantar ke rumah sakit,” tandasnya. (Nuel)


from SALAM PAPUA Dukung Pesta Budaya, RSUD Agats Siapkan Tim Medis - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==