Rumah Sakit Agats Tambah Dokter Specialis - Berita Harian Teratas

Direktur RSUD, Richard Mirino
SAPA (ASMAT)-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats, Richard Mirino mengatakan, pihaknya mulai menambah tenaga dokter specialis. Saat ini, telah ada dua dokter ahli di rumah sakit tersebut.

Menurut Mirino, RSUD Agats merupakan rumah sakit Tipe D, dan idealnya harus ada empat dokter ahli — dokter anak, dokter kandungan, dokter bedah dan dokter penyakit dalam. Rumah sakit itu baru memiliki dokter bedah dan dokter kandungan. Dalam waktu dekat akan ditambah dua dokter lagi.

“Memang betul kemarin kami kekurangan dokter specialis. Tapi sekarang sudah ada ahli bedah dan ahli kandungan. Yang ahli kandungan baru datang kemarin dan sudah mulai melakukan pelayanan,” katanya, Selasa (17/10).

Untuk tambahan dua dokter ahli lagi, kata Mirino, pihaknya sudah mengajukan permintaan secara tertulis ke Kementerian Kesehatan. Dalam waktu dekat, kementerian akan mengirim dokter ahli penyakit dalam. “Sudah ada jawaban dari kementerian. Kita masih tunggu dokternya datang. Jadi nanti ada tiga dokter ahli, tinggal satu dokter specialis lagi,” ujarnya.

Kata Mirino, sebelumnya telah ada beberapa dokter ahli. Hanya saja beberapa dokter dimaksud mau melanjutkan pendidikannya, sehingga rumah sakit tersebut mengalami kekurangan dokter specialis.
“Kita juga ada kasih sekolah beberapa dokter umum yang sudah PNS, di antaranya specialis kandungan dan dokter specialis anak. Mereka sudah mau selesai dan akan kembali bertugas, mungkin November dan Desember nanti,” tuturnya.

Dikatakan, ada sekitar 5 dokter umum yang berstatus PNS di Asmat sedang menempuh pendidikan specialis. Jika beberapa di antaranya sudah selesai dengan pendidikannya, rumah sakit tersebut tidak kekurangan dokter ahli lagi.

“Kalau dokter umum banyak di sini, yang kontrak (PTT) ada 10 orang, yang PNS ada 3 dokter umum dan 1 dokter gigi. Untuk dokter umum kita tidak susah. Hanya specialis saja,” kata Mirino.
Ditambahkan, jumlah tenaga medis di rumah sakit tersebut sudah lebih dari cukup, bahkan melebihi kapasitas. “Ada sekitar 100 lebih perawat. Bidan juga sudah cukup,” pungkasnya. (Nuel)



from SALAM PAPUA Rumah Sakit Agats Tambah Dokter Specialis - Berita Harian Teratas
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==